hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

28 Desember 2016, 09:25 WIB

MEKSIKO

Pada tahun 2025 penduduk kota Paris, Madrid, Athena, dan Meksiko City akan menikmati udara yang lebih segar daripada biasanya. Wali Kota di keempat kota tersebut sepakat tidak lagi menggunakan kendaraan diesel berbahan bakar solar. 

Konsesi ini muncul pada forum C40 Summit yang baru saja diadakan di Meksiko City. Forum yang diikuti oleh 40 negara ini seia sekata untuk memerangi perubahan iklim. 

"Kami tidak lagi mentoleransi polusi udara," kata Anne Hidalgo, Wali Kota Paris dikutip dari laman The Guardian.

Kendaraan bemesin diesel dilarang karena menghasilkan emisi karbon yang lebih besar daripada kendaraan berbahan bakar bensin. Berdasarkan penelitian, kelebihan emisi ini dianggap sebagai pemicu utama dari kematian tiga juta manusia setiap tahunnya.

Mobil berbahan bakar solar dianggap sebagai pemicu utama perubahan iklim, (PIXABAY)

Pelarangan kendaraan diesel bukannya tanpa hambatan. Volkswagen, salah satu produsen mobil diesel terbesar di dunia tidak bergeming. Meskipun Jerman, negara asal VW, memiliki dua perwakilan di Forum C40. Yakni Berlin dan Heidelberg.

Selain itu, implementasi dari aturan ini juga belum jelas. Tidak disebutkan bagian-bagian mana saja dari keempat kota tersebut yang dibolehkan dan ditidakbolehkan menggunakan diesel.   

Konsesi ini sekaligus membantah adanya anggapan jika kendaraan diesel berbahan bakar solar lebih ramah lingkungan dibanding kendaraan berbahan bakar bensin.

Miguel Angel Mancera, Wali Kota Meksiko City menilai aturan ini memberikan banyak dampak posotif. Pelarangan kendaraan diesel dapat memacu pemerintah untuk memperbaiki sistem transportasi masal. 

Sementara itu, Giorgos Kaminis, Wali Kota Athena, menganggap aturan ini sebagai permulaan pelarangan seluruh mobil pribadi melintas di jalan raya.

THE GUARDIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments