hero
Brimob Polda Kalsel berjaga di Lapas Banjarbaru, Kalsel. (NET/Akbar)

EDITOR : OCTOBRYAN

26 Desember 2016, 14:50 WIB

KALIMANTAN SELATAN, INDONESIA

Puluhan pasukan Brigade Mobil Polda Kalimantan Selatan melakukan penjagan ketat terhadap Lembaga Pemasyarakatan Klas IIIB, Banjarbaru. Penjagaan itu dilakukan menyusul terjadinya keributan antar penghuni lapas sehingga 31 narapidana melarikan diri.

"Ada 30 personil Brimob yang sudah kami siagakan di lokasi," ujar Komandan Unit Gegana Brimob Polda Kalsel Inspektur Dua Joko, Senin, 26 Desember 2016.

Lapas Klas IIIB Banjarbaru Kalimantan Selatan. (NET/Akbar)

Menurut informasi yang diperoleh, kejadian tersebut berawal dari permintaan salah satu narapidana bernama Jali agar petugas sipir melepas seorang tahanan bernama Ahmad Majedi alias Atung dari sel isolasi karena terlibat hutang piutang. Tidak hanya itu, Jali juga mengancam petugas dan mengatakan akan berbuat keributan jika permintaannya tidak dipenuhi.

Permintaan dan ancaman tersebut dijawab petugas lapas, bahwa Atung akan dikeluarkan dari sel isolasi besok. Merasa tidak puas dengan jawaban itu, Jali mengamuk dengan membawa senjata tajam serta memukul besi sel ruang tahanan seraya berteriak mengajak penghuni lapas lain untuk melarikan diri.

Lapas Klas IIIB Banjarbaru Kalimantan Selatan. (NET/Akbar)

Melihat kondisi makin memanas, petugas yang hanya berjumlah dua orang kemudian melepas tahanan dari ruang isolasi. Namun, napi kemudian mengancam dan memaksa untuk membuka seluruh pintu sel lapas seluas 6 hektare tersebut.

Kepolisian khusus lapas yang menjaga, tidak mampu membendung kerusuhan dan terpaksa membiarkan tahanan yang mengamuk untuk membobol pintu besar di dinding luar lapas.

Lapas Klas IIIB Banjarbaru Kalimantan Selatan. (NET/Akbar)

"31 tahanan kabur, 16 diantaranya telah ditangkap kembali," ujarnya.

Lapas Klas IIIB BanjarBaru sendiri mulai dioperasikan tahun 2015 oleh Kementerian Hukum dan HAM untuk membagi beban beberapa lapas dan rutan yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan yang sudah melebihi kapasitas. Dengan jumlah 18 petugas, lapas berpenghuni 296 orang ini terdiri dari 9 blok hunian narapidana dan tahanan titipan.

AKBAR LAKSANA

BACA JUGA:
Pengemplang Pajak Dijebloskan ke Lapas Salemba
Bayar Upeti ke Sipir, Napi Bebas Keluar Masuk Lapas
Napi Lapas Kerobokan Luncurkan Album dari Penjara
Tolak Razia Narkoba, Lapas Bengkulu Rusuh

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments