hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

23 Desember 2016, 09:00 WIB

NIGERIA

Petugas Bea Cukai Nigeria menyita 2,5 ton beras plastik yang baru saja diselundupkan dari Cina. Beras dikemas ke dalam 102 karung. Masing-masing berbobot 25 kilogram. 

Beras ditemukan pada sebuah toko yang berlokasi di Distrik Ikeja, Lagos. Awalnya petugas tidak menyangka jika beras yang dimaksud adalah palsu. Beras kemudian diperiksa dengan cara direbus. 

"Kami merebus beras tersebut hingga meleleh. Bayangkan apa yang terjadi, jika anda mengonsumsinya," kata petugas Bea Cukai, Mohammed Haruna.

Beras sitaan Bea Cukai Bigeria. (GIZMODO)

Dalam sebuah interogasi, pelaku mengaku akan mendistribusikan beras ini pada liburan natal dan tahun baru. Saat permintaan masyarakat terhadap beras sedang tinggi-tingginya. 

Beras sitaan ini akan menjalani pemeriksaan lanjutan di laboratorium. Polisi akan menentukan apakah ini benar-benar beras plastik atau bukan.

Munculnya beras plastik bukanlah yang pertama. Pada tahun 2015, kabar ini merebak luas di Indonesia. Isu ini ditepis oleh polisi. Pemeriksaan menunjukan jika kabar yang beredar adalah palsu. Tak satu pun laporan yang dilayangkan oleh masyarakat terbukti benar. Kasus ini ditutup.

Dikutip dari laman BBC, tidak semua laporan terkait beras plastik adalah bualan. Termasuk yang saat ini sedang terjadi di Nigeria. Berdasarkan penelusuran, beras plastik dibuat dari bahan kentang yang dicampur dengan resin (zat kimia olahan yang berasal dari getah karet). Ada juga beras plastik tanpa campuran apapun. Seratus persen berbahan baku plastik utuh yang digiling menggunakan mesin penghancur.

Laporan tersebut berbunyi:

Beras ini terdengar seperti bualan belaka. Ketika anda sentuh menggunakan tangan, semua akan terasa biasa. Namun ketika dicium, akan terasa aroma kimia. Langkah terakhir adalah memasaknya. Beras terlihat lengket dan anda akan percaya.

BBC | NIGERIAN OBSERVER | GIZMODO

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments