hero
(Stylist)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

21 Desember 2016, 07:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setiap wanita pasti sering merasa kesal dengan keberadaan jerawat di wajahnya. Bahkan terkadang, mereka kerap pergi ke dokter untuk menghilangkan karena dianggap menganggu kecantikan. Tapi tahu kah kamu? Jika jerawat merupakan salah satu faktor yang membuat seseorang terlihat awet muda lho!

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology, para ilmuwan menemukan bahwa perlindungan terhadap efek penuaan dibangun dari sel-sel wanita yang berjerawat. Selain itu penelitian ini menemukan fakta bahwa wanita berjerawat cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan kulit mulus.

(Stylist)

Para ilmuan yang dipimpin oleh Dr Simone Ribero dari Universitas King College London, Inggris ini meneliti sel darah putih dari 1.205 wanita. Menurut penelitian, terdapat satu enzim pada jerawat yang dapat mencegah penuaan. Enzim ini dinamakan Telomeres.

Enzim Telomeres sendiri adalah sebuah enzim di dalam tubuh  menambahkan urutan DNA berulang. Enzim ini mampu memperbaiki sel-sel di dalam tubuh dan dapat digunakan sebagai anti penuaan.

(Stylist)

Menurut hasil penelitian tersebut, wanita yang mengalami jerawat memiliki enzim telomeres lebih lama dibandingkan wanita berkulit mulus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa wanita berjerawat akan terlihat muda lebih lama dibandingkan yang berkulit mulus.

"Selama bertahun-tahun pada dermatolog mengidentifikasikan bahwa orang yang berjerawat dapat mencapai penuaan lebih cepat dari yang tidak berjerawat. Tapi kami menemukan fakta bahwa jerawat dapat berdampak pada Enzim Telomeres yang dapat melindungi dari penuaan" ujar Dr Simone.

STYLIST

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments