EDITOR : TITO SIANIPAR

20 Desember 2016, 20:15 WIB

SURAKARTA, INDONESIA

Polisi menangkap lima orang pelaku sweeping terhadap sebuah restoran yang ada di Solo, Jawa Tengah. Pengacara kelimanya memprotes penangkapan yang dilakukan polisi pada Selasa, 20 Desember 2016.

"Saya rasa ada ketidakwajaran dalam penangkapannya karena laporannya baru 19 Desember 2016 kemarin," kata pengacara Muhamad Kurniawan, Selasa, 20 Desember 2016.

Menurut Kurniawan, seharusnya para kliennya dipanggil dan diperiksa terlebih dahulu sebagai saksi dan jika mangkir baru ditangkap. "Tapi belum diperiksa, belum ada pemanggilan kemudian langsung ditangkap," ujarnya.

Muh. Kurniawan. (NET)

Kelima orang yang ditangkap polisi itu adalah Edi Lukito, Joko Sutarto, Endro Sudarsono, Yusuf Suparno, dan Salman Afasisi. Mereka tergabung dalam Laskar Umat Islam Surakarta.

Sekitar 90 orang aktivis LUI Surakarta pada Minggu, 18 Desember 2016 dinihari melakukan sweeping terhadap restoran Social Kitchen Solo. Selain kerusakan, dalam insiden itu ada sembilan pengunjung jadi korban kekerasan, tiga diantaranya perempuan.

Suasana dalam Social Kitchen. (RAVELEX)

Kurniawan sendiri menampik jika LUI disebut merusak restoran itu. "Siapa yang merusak belum kami ketahui. Apakah dari pihak mereka atau pihak ketiga. Yang ditangkap adalah yang tidak melakukan perusakan dan penganiayaan," kata Kurniawan.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian mengapresiasi penangkapan yang dilakukan Polda Jawa Tengah dan Polres Surakarta itu. "Mereka sudah bekerja. Saya sampaikan apresiasi," kata Tito.

Suasana Social Kitchen saat kejadian. (YOUTUBE)

Polisi mendapat instruksi untuk melakukan koordinasi dengan berbagai pihak guna menjaga ketertiban masyarakat. "Jika ada pelanggaran hukum apalagi sweeping anarkis, tangkap seperti kasus di Solo," ujar Tito.

DEDE ROHALI | KORNIAWAN ARIF

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments