hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

16 Desember 2016, 11:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Indonesia terkenal dengan kulinernya yang beragam dan menggugah selera, mulai bika Ambon asal Medan, pempek dari Palembang, kue kipo, tongseng, hingga bakso.

Tapi pernah nggak sih terlintas dibenak kamu, dari mana ya asal nama makanan-makanan ini? Berikut sejarahnya yang NET.Z himpun khusus buat kamu.

1. Pempek

Nama pempek atau empek-empek berasal dari sebutan apek yaitu panggilan untuk lelaki tua keturunan Tionghoa. Apek tinggal di tepi sungai Musi, dan sehari-hari bekerja sebagai nelayan.

Lelaki berumur 65 tahun ini kemudian membuat makanan alternatif dengan mencampur ikan hasil tangkapannya dengan tepung tapioka. Kemudian ia menjualnya keliling kota.

Karena saat itu, camilan ini belum memiliki nama, maka  pelanggan yang ingin membeli menyebutnya, pek..pek...! Dan kemudian makanan ini populer dengan nama pempek. Lucu ya!

Just info guys, tanggal 17 Desember 2015 lalu MURI mencatat rekor pempek lenjer terpanjang di dunia, yaitu sekitar 38 kilometer. Makanan khas Palembang terpanjang ini dibuat  dalam rangka menyambut HUT Kodam 2 Sriwijaya di Bandar Lampung.

2. Bika Ambon

Bika Ambon terkenal sebagai oleh-oleh khas kota Medan, Sumatera Utara. Tapi kamu tahu nggak sih kenapa kue legit berongga-rongga ini disebut Bika Ambon padahal berasal dari Medan?

Budayawan dan sejarahwan Muhar Omtatok, menyebutkan kue bika awalnya dijual di simpang jalan Ambon, Medan. Sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan warga yang dulu baru mengenal kue khas Melayu ini. Nama bika ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini.

3. Tongseng

Caption

Tongseng adalah kuliner khas nusantara yang terkenal dari daerah Jawa Tengah. Tapi kamu tahu nggak, kalau sebenarnya gulai dengan bumbu tajam ini terinspirasi oleh pedagang Timur Tengah berabad-abad lalu?

Kegemaran para saudagar Timur Tengah menyantap olahan daging kambing berupa kebab ditularkan ke masyarakat lokal. Setelah daging habis diolah bagian sisa seperti jeroan kemudian dimasak menjadi gulai.

Nah, air rebusan kuah gulai inilah yang kemudian ditumis kembali dan jadilah tongseng. Menurut pakar kuliner Arie Parikesit, seng dari nama tongseng diambil dari kata oseng-oseng atau tumis. Hmm...interesting!

4. Kue Kipo

Kue yang berbahan dasar ketan dan gula merah yang sudah diproduksi sejak tahun 1946. Ibu Djito sebagai penjual sering memasarkan makanan ini di pasar.

Tetapi Ibu Djito sendiri tidak tahu apa nama makananan ini. Sehingga banyak pembeli yang bertanya "ini apa?" atau dalam bahasa Jawa, "iki opo?". Dari situlah nama makanan kipo tercipta.

5. Bakso

Menikmati bakso di musim hujan memanglah nikmat. Mungkin ditambah saus sambal dan saus botol akan menambah nikmatnya. Tetapi siapa yang tahu kalau bakso ini berasal dari China pada abad ke 17. Dan dalam bahasa hokkien bakso berarti daging giling.

Pada abad tersebut, ada seorang pemuda yang  tinggal bersama ibunya didesa kecil. Dan sedih meliht ibunya yang sudah tua tidak bisa lagi menikmati daging karena masalah gigi. Dari situ pemuda tersebut menggiling daging berbentuk bulatan kecil yang halus, kemudian direbusnya dan dihidangkan ke ibunya.

 

WONDER FOOD

 

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments