hero

EDITOR : OCTOBRYAN

15 Desember 2016, 11:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Google baru saja memblokir akun YouTube milik pemerintah Korea Utara. Korut dianggap telah melanggar embargo ekonomi dengan menerima pemasukan iklan dari video yang diunggah ke situs berbagi video dari Amerika Serikat.

"Kami tidak mempermasalahkan apakah itu video pribadi atau kanal yang dikelola oleh suatu institusi. Kami hanya mengikuti pedoman yang berlaku," kata Taj Meadows, Kepala Humas Google Asia kepada The Washington Post.

Sejak bulan Maret 2016 Kementerian Keuangan AS melarang segala bentuk kerjasama ekonomi yang dapat menguntungkan Korea Utara. Termasuk kegiatan periklanan. 

Tampilan pada laman YouTube milik Korea Utara setelah pemblokiran dilakukan. (YOUTUBE)

Membiarkan video unggahan Korut terus ditonton, sama saja menyumbang pundi-pundi bagi negara komunis tersebut. Sama juga dengan membuka keran ekonomi antara Korut dan AS.

Selama ini YouTube adalah media yang digunakan Korea Utara untuk menyebar propaganda serta memamerkan kekuatan militernya ke seluruh dunia. Pemblokiran akun YouTube praktis membuat aktivitas ini terhenti.

Cara agar Korut tetap bisa memutar videonya di YouTube adalah dengan menyetop uang yang masuk dari iklan. Atau, membuat akun baru yang dikelola oleh perorangan. Kedua langkah tersebut dapat menggugurkan sanksi ekonomi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat.

Di sisi lain, pemblokiran menuai protes dari para peneliti hubungan internasional di AS. Tidak ada lagi informasi yang bisa diperoleh ihwal perkembangan Korea Utara. 

Para peneliti kesulitan untuk memetakan postur negara yang dipimpin oleh diktator Kim Jong-Un tersebut. Minimnya informasi dikhawatirkan dapat menjadi bomerang bagi pemerintah AS. Salah menentukan kebijakan luar negeri dianggap dapat mengancam keamanan negara dan keselamatan seluruh penduduk negeri adikuasa.

THE WASHINGTON POST 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments