hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

14 Desember 2016, 11:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Hayo ngaku deh! Pasti banyak diantara kalian yang jarang memperhatikan zat-zat yang terdapat dalam makanan yang kalian konsumsi. Padahal ini penting lho agar kandungan nutrisi dalam makanan yang kamu makan bisa terserap secara maksimal.

So, coba perhatikan lagi deh menu makan siangmu hari ini, kira-kira komposisinya sudah pas atau belum. Kalau kamu nggak yakin, nih NET.Z kasih panduannya.

1. Bayam dan Teh

Sayur bayam dan teh. (PIXABAY)

Makan bayam lalu minum teh memang tidak dianjurkan. Soalnya sayuran asal Amerika tropik ini kaya akan zat besi, sementara teh mengandung zat tanin yang menghambat penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

Lebih baik pilih jus jeruk sebagai minuman saat kamu makan sayur bayam, karena kandungan vitamin C nya dapat membantu penyerapan zat besi dari sayuran secara maksimal. Tapi kalau kamu tetap ingin minum teh, sebaiknya lakukan dua jam setelah makan sayur bayam ya.

2. Kepiting dan Teh 

Secangkir teh dan sajian kepiting. (PIXABAY)

Kalau kamu tetap nekat minum teh setelah makan kepiting, siap-siap deh karena lambungmu tidak dapat bekerja dengan baik mensterilkan makanan.

Kandungan asam tanat dalam teh akan mengencerkan getah lambung, dan membuat fungsi pembasmi kuman dari getah lambung menurun, sehingga bakteri dapat hidup bebas dalam lambung. Selain itu zat asam ini membuat kandungan protein dalam makanan sulit dicerna.

3. Teh dan Susu

Susu dan teh. (PIXABAY)

Teh kaya akan anti oksidan yang dapat mencegah peradangan pada tubuh. Jadi minum teh sebaiknya tidak dicampur dengan susu baik susu sapi ataupun kedelai. Ini karena  kandungan protein pada susu akan mengikat zat anti oksidan dari teh dan menghambat penyerapannya.

Selain itu, susu kaya akan kalsium yang penyerapannya akan terganggu akibat kandungan kafein yang terdapat dalam teh.

4. Roti putih dan Selai

Selai dan roti. (PIXABAY)

Kedua makanan ini mengandung karbohidrat sederhana yang dapat menaikkan gula darah. Jika mengkonsumsi makanan ini secara bersamaan akan menyebabkan gula darah naik dengan cepat dan tubuh harus dengan keras menurunkannya dengan melepaskan insulin dari pankreas.

Jika kebiasaan makan roti dan selai kamu lakukan secara terus menerus, maka dapat menyebabkan penurunan fungsi pankreas dan menyebabkan penyakit diabetes melitus. Wuih, serem juga ya.

5. Kacang dan Keju

Kacang dan keju (PIXABAY)

Mengonsumsi produk susu dan kacang secara bersamaan, bisa menyebabkan gas dan kembung sehingga membuat perutmu nggak nyaman.  

6. Sereal, Jus Jeruk dan Susu

Susu, jus jeruk dan sereal. (PIXABAY)

Asam dalam jus jeruk akan menghancurkan enzim yang mencerna pati dalam sereal sehingga penyerapannya menjadi terhambat. Sangat disarankan jika mengkonsumsi jus jeruk 30 menit sebelum makan sereal.

Nah, kamu masih bisa kok menggabungkan makanan dengan zat besi yang berlawanan. Karena pada prinsipnya zat anti gizi akan non-aktif dengan sendirinya melalui proses pematangan yang baik dan benar.

 

WONDER FOOD

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments