hero
Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

14 Desember 2016, 19:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump menunjuk Rex Tillerson, bos Exxon Mobil,  sebagai menteri luar negeri. Penunjukan itu dilakukan Trump kemarin.

"Kegigihannya, pengalamannya yang luas dan mendalam tentang geopolitik membuat dia adalah pilihan yang sangat terbaik sebagai menteri luar negeri," kata Trump, seperti dilansir Reuters, Rabu, 14 Desember 2016. Trump menilai Tillerson sebagai pelobi ulung di dunia internasional. 

Ditunjuknya Tillerson sebagai menteri luar negeri menimbulan kontroversi di dalam Negeri Paman Sam. Musababnya, bos minyak itu merupakan teman dekat Presiden Rusia Vladimir Putin.

Bos ExxonMobil Rex Tillerson. (REUTERS)

 

Pada tahun 2012, Tillerson sukses membujuk Rosneft, perusahaan plat merah Rusia di bidang energi, untuk bekerja sama membuka ladang minyak di Siberia. Padahal sebelumnya Rosneft tidak terlalu sreg bekerja sama dengan perusahaan minyak yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat itu.

Atas kerja sama itu,  di tahun 2013 Putin menyematkan penghargaan the Order of Friendship  kepada Tillerson. Penghargaan itu diberikan untuk seseorang yang telah berjasa untuk Rusia.

Beberapa anggota parlemen AS mengkritik keputusan Trump  menunjuk Tillerson sebagai menteri luar negeri. Mereka khawatir hubungan Amerika dan Rusia menjadi semakin dekat. 

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Bos ExxonMobil Rex Tillerson. (REUTERS)

 

"Rusia itu menjadi pengganggu bagi kami. Tidak layak kami menjalin kerja sama dengan mereka," kata senator dari Partai Demokrat Ben Cardin. "Di beberapa negara, Rusia juga mengganggu beberapa sistem pertahanan kami."

Hal ini juga semakin memperkuat temuan Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) yang menyebut ada campur tangan Moskwa dalam kemenangan Trump sebagai Presiden Amerika Serikat.

REUTERS | CNN |NYT

BACA JUGA:
Rusia Dituding Berada di Balik Kemenangan Trump

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments