hero
Cristiano Ronaldo usai mencetak gol ke gawang Sporting Lisbon. (MIRROR)

EDITOR : OCTOBRYAN

14 Desember 2016, 01:20 WIB

EROPA

Perhargaan prestisius pemain sepak bola atau Ballon D'or 2016 resmi diumumkan di Paris, Prancis, Selasa, 13 Desember 2016. Cristiano Ronaldo muncul sebagai yang terbaik dari 30 nama pesepakbola terbaik yang dinominasikan.

Dalam jajak pendapat yang digelar, Ronaldo menyingkirkan pesaing beratnya yaitu penyerang Barcelona Lionel Messi dan Bintang Atletico Madrid Antoine Griezmann. Ini adalah gelar keempat baginya, Cristiano Ronaldo pernah memenangkan Ballon d'Or pada tahun 2008, 2013, dan 2014.

Cristian Ronaldo rengkuh Ballon D'or 2016. (@France_Football) 

Gelar tersebut makin melengkapi moncernya prestasi pemain berusia 31 tahun ini. Sebelumnya, CR-7 -julukan Ronaldo- memenangkan dua trofi bergengsi di level klub maupun internasional.

Bersama Real Madrid, Ronaldo memboyong piala Champions Eropa untuk ketiga kalinya sepanjang karirnya atau gelar ke-11 bagi klub asal ibukota Spanyol itu sepanjang sejarah. Ia juga menjadi top skor dengan 16 gol walau di babak final harus susah payah mengalahkan Atletico Madrid melalui drama adu penalti.

Cristiano Ronaldo usai antarkan Real Madrid juara Liga Champions 2016. (REUTERS)

Sementara di level internasional, Ronaldo yang menjadi kapten tim nasional Portugal berhasil menorehkan sejarah dengan membawa negaranya tersebut merasakan gelar juara di turnamen besar, yaitu Piala Eropa 2016.

"Ini adalah kehormatan besar bagi saya untuk menerima penghargaan keempat Ballon d'Or" kata Ronaldo. "Perasaannya sama seperti mendapatkan Ballon d'Or pertama. Ini mimpi lain saya yang menjadi kenyataan. Saya tidak pernah membayangkan saya akan memenangkan trofi ini empat kali. Saya sangat senang dan bahagia." ujarnya seperti dilansir uefa.com

Cristiano Ronaldo usai antarkan Portugal juara Piala Eropa 2016. (REUTERS) 

Penghargaan yang digelar oleh majalah France Football ini melibatkan para pelatih timnas dan kapten tim yang merupakan negara anggota FIFA serta para jurnalis terpilih dari tiap negara memilih pesepakbola terbaik di dunia. 

Ballon d’Or telah digelar setiap tahun sekali sejak tahun 1956 dan selama enam tahun terakhir berada di bawah naungan FIFA. 

Pada September tahun ini, FIFA mengakhiri naungannya tersebut untuk membuat penghargaan versi mereka sendiri, yaitu “The Best FIFA Football Awards” yang akan digelar pada 9 Januari 2017 mendatang di Zurich, Swiss. 

UEFA.COM | ALFONSIUS MANOPO

BACA JUGA:
Hasil Undian Liga Champions 2016-2017
Kisah Tiket Final Piala AFF
Begini Persiapan Thailand Lawan Indonesia
Rahasia di Balik Transaksi Thohir dan Suning

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments