hero
Prajurit TNI AD tertibkan suporter timnas saat antre tiket. (NET/Andry)

EDITOR : OCTOBRYAN

13 Desember 2016, 20:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Ribuan pendukung tim nasional Indonesia memadati kantor Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat di Gambir, Jakarta Pusat. Mereka di sana untuk mengantri tiket offline pertandingan laga pertama final Piala AFF 2016 antara Indonesia melawan Thailand di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu 14 Desember 2016.

Antusiasme mereka mengalahkan penjagaan ketat yang dilakukan oleh petugas. Antrian panjang bahkan memakan separuh badan Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat hingga menimbulkan kemacetan parah di sekitar lokasi.

Prajurit TNI AD tertibkan suporter timnas saat antre tiket. (NET/Andry)

Seperti yang dilakukan oleh Rahadian, warga Yogyakarta, rela menginap di Stasiun Gambir untuk memperoleh tiket dambaannya. Dia mengaku sudah mengantre sejak subuh, tetapi harus berdesak-desakan lebih dari dua jam sebelum bisa mencapai loket.

Menurutnya, dibandingkan penjualan tiket semifinal, pengaturan penjualan tiket kali ini lebih buruk. "Senang dapat satu tiket untuk nonton timnas, meski antriannya tidak layak," ujarnya di depan loket penjualan, Selasa, 13 Desember 2016.

Prajurit TNI AD tertibkan suporter timnas saat antre tiket. (NET/Andry)

Untuk menertibkan suporter, pihak TNI AD memerintahkan mereka antre dengan duduk. Karena padatnya antrean, beberapa pembeli yang berhasil mencapai loket tampak lemas dan langsung diberikan air mineral. 

Namun, nasib tidak beruntung dialami ratusan suporter lainnya. Panitia yang kewalahan terpaksa menutup loket penjualan karena mengaku tiket yang disediakan sudah habis.

Petugas evakuasi suporter yang pingsan. (NET/Andry)

Suporter kemudian diarahkan menuju Stadion Pakansari yang masih membuka penjualan. "Kita hanya disediakan 10 ribu tiket dari PSSI. Kita sengaja bekerjasama dengan Garnisun TNI agar penjualan tertib," ujar Vikar Akbar, panitia penjualan.

Sementara itu, untuk mengobati kekecewaan suporter yang tidak mendapatkan tiket, Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia yang juga menjabat Pangkostrad Letnan Jenderal Edy Rachmayadi mengatakan akan menyediakan empat layar besar di sekeliling stadion.

Petugas evakuasi suporter yang pingsan. (NET/Andry)

"Antusias warga begitu tinggi pada pertandingan ini," ujarnya.

Ia mengaku, pihaknya sudah mengupayakan Gelora Bung Karno sebagai tempat penjualan tiket. Namun upaya tersebut gagal, lantaran stadion tersebut dalam renovasi.

"Evaluasinya tempat penjualan tiket terbatas, kita tidak siap tempat untuk menjual," tambahnya.

Sebanyak 10 ribu lembar tiket kategori tiga yang dijual secara offline seharga Rp 100 ribu kemudian ludes dalam waktu dua jam.

Babak final leg pertama Piala AFF 2016 Indonesia lawan Thailand diselenggarakan pada Rabu, 14 Desember 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Kick Off dimulai pada pukul 19.00 WIB.

ANDRY PRASETYO | CHELZEA VERHOEVEN

BACA JUGA:
Indonesia ke Final Piala AFF 2016
Lawan Thailand, Riedl Janji Main Terbuka
Lolos ke Final, Bus Timnas Dilempari Batu
Menang Lawan Vietnam, Timnas Indonesia Semakin Percaya Diri

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments