hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

12 Desember 2016, 05:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) menjadi saat-saat yang ditunggu oleh para pecinta belanja online. Alasannya, karena diskon yang ditawarkan sangat besar oleh 200 E-commerce di Indonesia.

Nah, buat kamu yang ingin memanfaatkan perayaan tersebut jangan gegabah. Kamu juga perlu untuk berhati-hati dalam memilih situs online shop. Berikut ini NET.Z punya beberapa tips dari beberapa konsumen yang sering berbelanja lewat online. Check This Out!

Perhatikan Jenis Situs

Mungkin menurut kamu semua jenis online shop itu sama saja. Tapi pada dasarnya mengetahui jenis toko online itu cukup penting lho! Karena ini bisa menjadi dasar untuk kamu memilih situs untuk berbelanja. Hal itu diungkapkan oleh Dita, salah satu konsumen yang kerap berbelanja online.

"Kalau tahu jenis toko onlinennya itu penting untuk menentukan sikap sebelum belanja," kata Dita

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri di Jakarta menambahkan jika ada dua jenis situs belanja yakni Business to Consumer (B2C) dan Consumer to Consumer (C2C). Situs Busines to Consumer  adalah toko online dengan alamat website sendiri dimana penjual memiliki stok produk dan menjualnya secara online kepada pembeli. Contohnya seperti Lazada Indonesia, BerryBenka, Zalora, dan sebagainya.

Sementara itu, situs Consumer to Consumer (C2C) adalah model bisnis dimana website yang bersangkutan menyediakan lahan untuk para penjualan berjualan. Selain itu, mereka juga memfasilitasi transaksi uang secara online. Contohnya ialah Tokopedia, Bukalapak, Elevania, Kaskus, MatahariMall.com. OLX  dan sebagainya.

Lihat testimoni penjual dari pembeli sebelumnya

Jika kamu ingin membeli barang dari situs online yang berjenis C2C atau Instagram, kamu perlu memastikan testimoni dari para pembeli sebelumnya. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan utama kamu dalam melihat apakah seller  itu terpercaya atau tidak.

Itupula yang diperhatikan Ricca. Seorang pramugari di Maskapai Garuda ini menyebutkan hal yang pertama dilihat ketika hendak melakukan belanja online di Instagram adalah melihat testimoni. 

Perhatikan jumlah pengikut

Bagi kamu yang lebih suka berbelanja di Instagram, kamu sangat perlu memperhatikan jumlah pengikutnya. Karena pada dasarnya jumlah pengikut dapat menunjukan sebuah akun itu dapat terpercaya atau tidak. Hal itu juga yang dilakukan oleh Lailatul Ayni, seorang editor di

"Biasanya saya lihat di Instagram terus saya cek websitenya, baru pesan barang," ujar Ayni.

Pilih online shop yang memiliki costumer care dan mudah di jangkau

Baik situs online shop di Instagram atau website sendiri, adanya costumer care menjadi hal yang sangat penting. Jika kontak costumer care tersebut susah di jangkau, maka ada baiknya kamu urungkan niat kamu untuk membeli. Karena akan menyulitkan kamu jika barang tidak sesuai.

Herni, seorang karyawan swasta di daerah Kuningan ini pernah mempunyai pengalaman membeli sebuah handphone di salah satu website online shop ternama di Indonesia. Kondisi kabel charger handphone yang tidak berfungsi membuatnya harus berurusan dengan costumer care

Pilih harga yang masuk akal

Siapa sih yang enggak tergoda dengan barang murah? Mungkin hampir semua pembeli menjadikan hal tersebut sebagai pilihan utama. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan apakah hal tersebut masih masuk akal atau tidak.

Jangan mudah terayu dengan harga yang super murah. Karena ada kemungkinan barang yang terlalu murah akan tidak bagus kualitasnya. Itu pula yang kerap diterapkan oleh Echo Aggripa Sembiring, salah satu manajer di perusahaan beauty care Makarizo. So think before buy it guys!

Nah, itu ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja online di Harbolnas nanti. Semoga bermanfaat dan Happy Shopping!

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments