hero
Debat calon gubernur Jakarta Kece.

EDITOR : REZA ADITYA

11 Desember 2016, 10:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Calon Gubernur DKI Jakarta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan akan menggelontorkan sejumlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembenahan infrastruktur ibu kota.

Yang paling utama, Ahok akan membuat jaringan telekomunikasi yang sepadan dengan negara tetangga, Singapura.

“Kami targetkan di tahun 2018, Jakarta dengan Singapura itu 11-12,” kata Ahok, pada acara  debat calon gubernur Jakarta Kece, yang disiarkan NET dan akan tayang pada Senin, 12 Desember 2016. “Itu bukan (lagi) 4G, tapi 4halfG.”

Karena menurut Ahok, jaringan telekomunikasi itu sebagai tolak ukur sebuah kota modern. Jakarta, sebagai ibu kota, harus memiliki jaringan yang setara dengan negara-negara maju lainnya.

 

Lebih lanjut calon gubernur petahana itu juga akan  menggunakan APBD untuk memperbarui  Kartu Jakarta Pintar (KJP).  Nantinya, KJP akan serupa dengan anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan sistem debit non-tunai yang diintegrasikan melalui bank.

Dengan demikian, warga penerima KJP akan mendapat kemudahan dalam mengakses kebutuhan pendidkan dan kesehatan.

Calon gubernur Anies Baswedan memiliki usulan lain dalam mengelola APBD jika terpilih sebagai pimpinan ibu kota.  Anies lebih menekankan penggunaan anggaran daerah itu menyasar rakyat kecil.

“Hampir selalu kita bicarakan Jakarta untuk kelas menengah, bukan untuk rakyat kecil,” kata Anies. “Karena itu APBD akan kami gunakan untuk mengangkat derajat yang di bawah.”

Anies dan Ahok  saling adu visi dan misi dalam program debat Jakarta Kece. Misalnya dalam hal program penanganan banjir.

Ahok jika kembali terpilih sebagai gubernur, berjanji akan merealisasikan pembangunan tanggul sepanjang 120 kilometer. Tanggul itu akan membentengi seluruh bagian Jakarta.  “Tanggul itu akan kami buat lebar bisa buat jalan mobil,” kata dia.

 

Tanggul itu diyakini Ahok bisa mengatasi banjir yang ada di Jakarta. “Ketinggian tanggul 3,8 meter. Supaya nggak ada lagi cerita air laut.”

Sedangkan Anies, memilih  opsi membuat sumur resapan dalam menanggulangi banjir di Jakarta. “Ini harus menjadi gerakan massal. Melakukan gerakan membangun sumur serapan di Jakarta.”

Sayangnya, debat calon gubernur  Jakarta Kece ini tidak dihadiri Agus Harimurti Yudhoyono. Agus lebih memilih menyapa masyarakat ketimbang ikut-ikutan debat.

Menurut Agus, tidak ada kewajiban baginya menghadiri acara debat yang diselenggarakan stasiun televisi. Dia hanya akan menghadiri debat resmi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta pada 13 Januari 2017, 27 Januari 2017 dan 10 Februari 2017.


TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments