hero
(PIXABAY)

EDITOR : REZA ADITYA

10 Desember 2016, 21:00 WIB

INDONESIA

Direktur Eksekutif Badan Obat Terlarang dan Kejahatan (UNODC) Perserikatan Bangsa-bangsa Yury Fedotov mengatakan bahwa hak asasi manusia merupakan landasan penting dalam peningkatan kemajuan suatu negara.

"Hak asasi manusia sebagai penjamin perdamaian, keamanan dan pembangunan," kata Yury, melalui keterangannya yang diterima NET.Z, Sabtu, 10 Desember 2016.

Yury mengatakan ada beberapa instrumen penting bagi sebuah negara dalam menghormati hak asasi manusia setiap warganya. Di antaranya adalah menekan setiap warga di suatu negara terjerumus dalam sindikat peredaran narkotika, korupsi, konflik antarsuku, kekerasan, perdagangan orang dan penyelundupan, kejahatan trans-nasional dan terorisme.

Suatu negara dikatakan gagal jika tidak bisa menekan itu semua. "Ini yang menjadi fokus kami," kata dia. "Karena setiap individu harus tahu bahwa mereka membutuhkan perlindungan hak asasi secara fundamental."

 

Di hari hak asasi manusia internasional ini, Yury berjanji lembaganya akan semakin agresif membebaskan individu-individu yang terjerat sindikat kejahatan itu. "Sambil memastikan bahwa hak asasi manusia di setiap negara harus ditegakkan dan martabat setiap orang harus dihormati. Kami juga mendorong dibentuknya sistem peradilan HAM yang adil."

Hasil riset yang dilakukan Maplecroft tahun 2016 terhadap 198 negara di dunia, menempatkan Korea Utara sebagai negara peringkat pertama dengan tingkat pelanggaran HAM terbanyak. Indikatornya, Korea Utara adalah negara yang banyak melakukan kekejaman terhadap warganya.

Sebaran negara pelanggar HAM terbanyak. (MAPLECROFT)

 

Di peringkat kedua diduduki Somalia. Negara di Afrika Timur itu dianggap tidak bisa mengatasi kekerasan dan konflik yang terjadi selama bertahun-tahun. Peredaran narkotik di negara Tanduk Afrika itu juga semakin meningkat. Juga kekerasan seksual dan kejahatan trans-nasional seperti melakukan perompakan terhadap kapal asing. 

Itu sebabnya Somalia dianggap negara yang paling rentan pelanggaran HAM. Inilah yang kemudian disoroti Yury dan menjadi fokus lembaganya.

TIM LIPUTAN

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments