hero
Foto Letnan Yohanes Syahputra yang terpampang di kediamannya di Sumatera Selatan. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

9 Desember 2016, 16:05 WIB

SUMATERA SELATAN, INDONESIA

Aini Mahlan langsung sujud syukur setelah mendapat panggilan telepon dari seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di Tarakan, Kalimantan Utara pada Kamis sore kemarin. Kegelisahan dan kepasrahan yang selama ini dirasakannya seketika hilang dan tergantikan dengan luapan kebahagiaan.

"Dalam telepon itu, dikabarkan anak saya ditemukan dalam keadaan selamat," ujar Aini, Jumat, 9 Desember 2016. "Kami sekeluarga sangat senang sekali mendengarnya."

Aini adalah ayah dari Letnan Yohanes Syahputra, pilot Helikopter Bell 412 EP milik TNI Angkatan Darat yang jatuh di Malinau, Kalimantan Utara, pada akhir November kemarin. Dari lima awak di helikopter nahas itu tiga di antaranya tewas, yakni Lettu Ginas Sasmita Aji, Sertu Bayu Sadeli Putra, dan Praka Suyanto. 

Kebahagian terpancar di wajah keluarga Letnan Yohanes Syahputera. (NET/Ardhiansyah)

 

Satu orang pilot helikopter dinyatakan selamat. Dia adalah Lettu Abdi Darmain. Sedangkan Yohanes, yang juga sebagai pilot dalam helikopter buatan Amerika Serikat itu, sempat hilang selama dua pekan. Kemarin, Yohanes ditemukan selamat oleh masyarakat di sekitar jalan lintas Desa Long Sulid dan Long Berang, Malinau.

Saat ditemukan Yohanes dalam keadaan luka pada bagian tangan, pinggang dan kaki. Tubuhnya lemas karena selama lebih dari sepekan kekurangan makanan. Kini prajurit yang pernah menempuh pendidikan Pusat Pendidikan Penerbangan TNI AD itu dalam kondisi baik dan bermalan di rumah warga.

Aini mengisahkan sebelumnya dia dan keluarga sudah pasrah atas nasib anaknya itu. Dia juga sudah merelakan jika Yohanes tewas dalam kejadian maut itu.  Takdir berkata lain. Yohanes selamat dalam insiden itu.

Pihak keluarga, kata Aini, juga sudah mendapat foto anaknya bersama dengan dua warga Malinau dalam keadaan selamat. Tetangga yang mendengar kabar bahagia itu kemudia langsung mendatangi kediaman Aini di Desa Sungai Pinang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Keluarga melihat foto Letnan Yohanes Syahputra yang selamat. (NET/Ardhiansyah)

 

Kini, Aini menanti kehadiran anaknya pulang. "Saya belum bisa pastikan kapan bertemu anak saya di Jakarta. Kalau sudah ada kabar saya langsung berangkat untuk bertemu anak saya."

ARDHIANSYAH NUGRAHA (SUMATERA SELATAN)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments