hero
Poster hoax seputar makanan (SUKASAYA.COM)

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

8 Desember 2016, 11:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Banyak berita hoax dan mitos yang beredar seputar makanan yang kita konsumsi. Rata-rata isi beritanya bikin kita tercengang karena efeknya bagi kesehatan tubuh kita. Dan ujungnya bikin kita bingung mana yang benar dan mana yang salah?

Nah, cari tahu kebenarannya yuk dengan membaca artikel NET.Z ini.

  1. Mie Instan Plus Cokelat, Bikin Keracunan
Poster hoax tentang mi instan dan cokelat (SUKASAYA.COM)

Baru-baru ini ada sebuah pesan berantai yang menceritakan seorang perempuan meninggal dunia setelah mengonsumsi mi instan yang dicampur dengan cokelat. Broadcast message itu juga menyebutkan kalau perempuan tersebut mengalami kerusakan lima panca indranya akibat mengonsumsi cokelat dan mi instan bersamaan. Hiy, ini benar nggak ya?

Buat kamu yang pernah mengonsumsi cokelat dan mi instan bersamaan bisa bernapas lega, karena menurut dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi MARS, MS, SpGk berita tersebut adalah hoax.  

"Sepanjang yang saya baca tidak ada penelitian yang mengatakan bahwa mie instan tidak boleh dikonsumsi dengan cokelat, jadi saya rasa itu tidak berbahaya," jelasnya

Potongan dark chocolate (PIXABAY)

Memang sih, kalau diteliti lebih dalam lagi cokelat malah punya banyak manfaat cokelat bagi tubuh kita. Diantaranya bisa mengurangi resiko kanker dan obat anti depresi.

Selain itu cokelat juga tinggi akan anti oksidan yang baik untuk kesehatan kulit dan mencegah kerusakan sel.

Semangkuk mi instan (PIXABAY)

Sedangkan mie instan terkandung banyak bahan-bahan yang merugikan tubuh, diantaranya zat lilin sebagai bahan pengawet. Tartazine, bahan pewarna agar mi instan memiliki warna kuning yang  menarik. Ada juga MSG atau bahan penguat rasa dalam bumbu yang memiliki efek buruk bagi tubuh.

Selain memiliki kandungan yang merugikan, sering mengonsumsi makanan cepat saji ini juga akan berdampak negatif bagi tubuh karena susah dicerna.

So guys, makan mi instan dan cokelat bersamaan boleh saja, tapi jangan sering-sering ya!

 

  1. Bayam Plus Tahu Penyebab Kista
Poster hoax tentang sayur bayam dan tahu (UNEJ.AC.ID)

Ada lagi mitos seputar makanan yang sering kita dengar, yaitu mengonsumsi bayam dan tahu secara bersamaan dapat menyebabkan penyakit kista. Kok bisa ya?

Dokter kandungan Rumah Sakit Brawijaya, Damar Prasmusinto mengatakan hal tersebut tidak benar, karena penyebab kista jarang sekali berhubungan dengan makanan.

Menurut Dr Damar, ada dua penyebab kista. Pertama, karena bawaan lahir dan yang kedua Endometriosis atau pertumbuhan yang tidak normal di lapisan endometrio.

Makanan cepat saji (PERFECT INSIDER)

Tapi jika dikaitkan dengan pola makan, sering mengonsumsi junk food memang dapat memicu penyakit kista. Kandungan pengawet dan lemak tinggi yang sering ditemukan pada makan cepat saji dipercaya bisa memicu Sindrom Polikistik Ovarium penyebab kista.

Jadi jangan buru-buru percaya dengan berita hoax atau mitos yang nggak benar seputar makanan ya guys. Sebaiknya cek dulu kebenaran berita dan selalu pilih makanan sehat.

 

WONDER FOOD

 

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments