EDITOR : REZA ADITYA

7 Desember 2016, 10:00 WIB

ACEH, INDONESIA

Gempa bumi berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh pada Rabu, 7 Desember 2016. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa terjadi sekitar pukul 05.03 WIB.

“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, satu orang tewas dalam musibah itu,” kata Sutopo, melalui keterangannya, Rabu, 7 Desember 2016. “ Belasan bangunan roboh. Hingga saat ini masih dalam penanganan petugas.”

(NET/Tim Liputan)

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikia (BMKG), pusat gempa berada di jarak 106 kilometer sebelah Timur Kabupaten Pidie. Pergeseran lempeng itu berada di kedalaman sekitar 15 kilometer.

Sutopo mengatakan gempa itu tidak berpotensi bencana tsunami.  “Gempa dirasakan sangat kuat oleh warga selama belasan detik. Setelah itu ada gempa susulan. Warga berhamburan menyelamatkan diri.”

Hingga saat ini, petugas penyelamat dan pemerintah daerah setempat sedang melakukan penyisiran untuk menyelamatkan warga. Sebagian warga memilih berada di luar gedung.

(NET/Tim Liputan)



Hasil analisis, peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh. Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser. 

TIM LIPUTAN | SIAF (NET CITIZEN JOURNALIST)
 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments