hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

6 Desember 2016, 18:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Masak itu keterampilan yang penting dan banyak gunanya, lho. Bukan cuma cewek yang wajib bisa, cowok pun perlu menguasai keahlian dapur yang satu ini. Buat pemula, kamu dapat memulainya dengan masakan yang sederhana atau yang kamu sukai.

Kenapa masak itu penting? Nah, simak 7 alasannya berikut ini. 

1. Kamu Bisa Makan Makanan Segar Setiap Hari

Sayuran dan buah segar (PIXABAY)

Pernah kebayang nggak, kalau makanan yang kamu pesan di restoran sudah dimasak berjam-jam sebelumnya dan hanya dihangatkan sebelum disajikan di mejamu? Memang nggak mudah membedakan mana bahan-bahan yang segar dan yang tidak, jika bukan kamu sendiri yang memasaknya.

Dilansir Entity, Ashley Lutz "Generasi sekarang peduli akan makanan yang segar, kurang diolah, dan dengan bahan makanan buatan yang sedikit". Ketika memasak makanan sendiri, kamu pasti bisa menakar jumlah minyak yang kamu gunakan saat menggoreng, mengurangi bagian lemak dari daging yang akan kamu olah dan membeli bahan makanan segar dari toko yang terpercaya.

2. Kamu Akan Memilih Makanan Sehat

Caption

Ketika kamu makan di rumah, kamu dapat memilih protein tanpa lemak, biji-bijian dan menggabungkan semua sayuran favorit kamu. Dikutip dari Daily Health Post, sebagian besar sodium atau asupan garam yang kamu konsumsi berasal dari makanan olahan dan restoran, karena bahan yang digunakan dan bagian-bagian yang disajikan.

Memasak di rumah tidak hanya membantu kamu memilih bahan-bahan sendiri, tapi juga mengolahnya sendiri. Terlalu sering makan di restoran dapat menyebabkan kolesterol, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

3. Hemat Uang

Membayar barang belanja dengan kartu kredit (DIGITALTRENDS)

Kamu bisa menghabiskan sekitar Rp 200 ribu untuk sekali makan di restoran yang kelas menengah. Padahal dengan jumlah uang yang sama kamu bisa menyiapkan empat porsi makanan sehat, jika memasak sendiri di rumah. 

Intinya, membeli daging, sayuran, rempah-rempah dan bahan-bahan lain dari supermarket atau pasar tradisional akan lebih terjangkau dan akan menghemat uang kamu dalam jangka panjang.

4. Kamu Jadi Tahu Berbagai Masakan Daerah

Soto ayam , makanan khas Indonesia

Ketika sudah bisa meyiapkan makanan sederhana pastinya kamu ingin meningkatkan skill memasakmu dengan mencoba resep baru yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Setiap budaya dari dalam maupun luar negeri memiliki hidangan khas dengan cerita sejarahnya masing-masing. Misalnya makanan yang dibuat untuk perayaan tertentu. Belajar tentang kisah-kisah tersebut membantu kamu menikmati budaya yang berbeda. Dengan begitu kamu akan senang jika membuat resep baru dari penjuru dunia.

5. Kamu Terhindar Dari Godaan Makanan Gratis Atau Diskon

Kupon diskon makanan (JOYBALTICALNE.CO.UK)

Health Guidance mengatakan "Jika kamu makan diluar itu akan membuat kamu memesan lebih dari biasanya".  This is so true! Jika sebuah restoran menawarkan roti gratis, isi ulang minuman bersoda gratis atau bahkan diskon besar-besaran, kamu pasti akan lebih tergoda untuk membelinya dan mengeluarkan uang lebih dari yang kamu rencanakan.

Nggak hanya itu, saat memutuskan pergi keluar rumah untuk makan, mungkin kamu meyakinkan diri sendiri bahwa akan menghabiskan uang hanya untuk makanan yang kamu inginkan saja, padahal makanan itu belum tentu sehat.

6. Makanan Bisa Membuatmu Lebih Dekat dengan Orang-orang Tersayang

Makan bersama keluarga (PIXABAY)

Makan di rumah adalah kesempatan besar untuk membentuk ikatan dengan keluarga atau teman-teman. Kadang-kadang musik di restoran terlalu keras atau suasana mengganggu. Ketika kamu membuat makanan sendiri dirumah, kamu bisa bereksperimen dengan makanan buatan kamu sendiri, dan pastinya menyenangkan.

Dan ketika kamu memasak dirumah, kamu bisa membangkitkan percakapan yang lebih akrab dengan pacar, orang tua, atau teman.

7. Keahlian Memasakmu Bisa Dipamerkan ke Teman-teman

Sekelompok teman makan bersama di rumah (ASSCIAZIONEAMADA.COM)

Bawalah hasil masakan terbaikmu untuk sahabat-sahabatmu dan buat mereka kagum dengan kemampuan barumu.

Memasak itu tidak seburuk yang kamu pikirkan! Jangan menggunakan alasan bahwa kamu tidak punya waktu, karena ada ribuan resep mudah dan cepat bagi kamu untuk memasak dalam waktu kurang dari setengah jam.

 

ENTITY

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments