hero

EDITOR : OCTOBRYAN

30 November 2016, 18:40 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Dewan Perwakilan Rakyat melalui rapat paripurna akhirnya resmi melakukan pergantian ketua DPR dari Ade Komarudin kepada Setya Novanto. Pergantian Ketua DPR ini adalah usulan Partai Golkar yang menggelar rapat pleno beberapa waktu lalu.

Rapat paripurna ini tidak dihadiri oleh Ade Komarudin dengan alasan sakit. Sidang paripurna ke 14 masa sidang II Tahun 2016-2017 kemudian dipimpin Wakil ketua DPR Fadli zon, Fahri Hamzah, Taufik Kurniawan, dan Agus Hermanto.

DPR gelar rapat paripurna pergantian Ketua DPR. (NET\Enda)

Sidang dimulai dengan penyampaian sikap masing-masing perwakilan fraksi terhadap pergantian Ketua DPR terkait usulan Partai Golkar. Sepuluh Fraksi yang ada di DPR kemudian menyetujui hal tersebut.

"Kita sudah dengar pandangan fraksi dan telah menyampaikan persetujuan," ujar Fadli Zon ketika memimpin rapat, Rabu, 30 November 2016.

Setya Novanto diambil sumpah sebagai ketua DPR. (NET\Enda)

Meski hanya dihadiri oleh 276 anggota dari total 588 anggota DPR, namun keputusan yang diambil dalam rapat paripurna itu dianggap memenuhi kuorum. 

"Dengan ini kami tetapkan Setya Novanto sebagai ketua DPR menggantikan Ade Komarudin," tambahnya.

Palu sidang pun diketuk. Setya kembali diambil sumpahnya untuk kedua kalinya oleh pelaksana harian Ketua Mahkamah Agung kemudian langsung dilantik sebagai Ketua DPR.

Setya Novanto pertamakali menjabat sebagai Ketua DPR-RI pada 2 Oktober 2014, namun ia mengundurkan diri pada 16 Desember 2015 karena disangkutkan dengan kasus pencatutan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rekaman kontrak PT. Freeport Indonesia atau yang ramai disebut dengan istilah kasus “papa minta saham”.

Sebagai pengganti Setya Novanto saat itu, Fraksi Partai Golkar menaikkan nama Ade Komarudin untuk menduduki kursi Ketua DPR-RI hingga akhirnya diambil-alih kembali oleh Setya Novanto sejak hari ini, Rabu, 30 November 016 melalui persetujuan lewat rapat paripurna.

TIM LIPUTAN

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments