hero
Wakil Presiden Jusuf Kalla (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

30 November 2016, 16:40 WIB

INDONESIA

Wakil Presiden Jusuf Kalla menjamin kelengkapan berkas perkara Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok  dalam kasus dugaan penodaan agama di Kejaksaan Agung  sesuai prosedur. Dia memastikan tidak ada campur tangan pemerintah kasus itu.

"Ya memang karena itu prosedur hukum, akan dibuktikan di pengadilan," kata Kalla, di Jakarta, Rabu, 30 November 2015. "Tentulah pengadilan yang akan memproses hukum itu."

Senada dengan Kalla, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan pemerintah tidak melakukan intervensi atas kasus yang menyita perhatian publik itu.

Menurut Wiranto, percepatan kelengkapan berkas menjadi P21 di Kejaksaan Agung sebagai bentuk transparansi dan independensi penegak hukum.

Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menkopolhukam Wiranto. (TWITTER/@Pak_JK)

 

"Proses hukum itu akan dilaksanakan secara cepat dan transparan, sekarang sudah P21," kata Wiranto. "Kemudian nanti oleh Kejaksaan Agung akan dilimpahkan ke pengadilan. Ya kewajiban kita menunggu."

Kejaksaan Agung hari ini menetapkan berkas kasus Ahok yang diterima dari penyidik Bareskrim Polri sudah lengkap. Itu artinya, hanya memerlukan waktu sebentar lagi kasus dugaan penodaan agama disidangkan di pengadilan.

Jaksa Agung Muda Pidana Umum Noor Rochmad mendesak Polri segera menyerahkan berkas tahap kedua. Berkas tahap kedua itu adalah barang bukti dan tersangka.

Proses P21 terhadap berkas kasus Ahok yang dilakukan Kejaksaan Agung tergolong cepat. Musababnya, penyidik Polri menyerahkan berkas itu pada 25 November 2016 kemarin. Lima hari kemudian, berkas dinyatakan lengkap.

Gubernur DKI Jakarta Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama tak sabar membawa kasus yang menjeratnya ini segera ke pengadilan. "Kalau semua menyaksikan dengan adil (di pengadilan), tidak ada sama sekali saya menistakan agama. Dan saya sudah meminta maaf atas kegaduhan ini karena kesalahpahaman yang terjadi."

BAYU WICAKSONO | ANJANA DEMIRA

BACA JUGA:
Kejaksaan Agung: Berkas Ahok P21, Siap Dibawa ke Pengadilan

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments