hero

EDITOR : REZA ADITYA

30 November 2016, 10:25 WIB

INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta mengumumkan laporan harta kekayaan (LHKPN) calon kepala daerah DKI Jakarta yang telah ditelusuri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ketua KPU Jakarta Sumarno mengatakan lembaganya mendapat instruksi dari KPK untuk mengumumkan LHKPN tersebut.

"Ini merupakan bagian dari transparansi pelaksanaan pemilihan kepala daerah DKI Jakarta," kata Sumarno,Rabu, 30 November 2016. "KPK meminta kami mengumumkan LHKPN ini."

Daftar LHKPN cagub-cawagub DKI Jakarta. (kpujakarta.go.id)

 

LHKPN calon kepala daerah DKI Jakarta itu diserahkan KPK ke KPU pada 16 November 2016 kemarin. Deputi Bidang Pencegahan KPK Pahala Nainggolan mengatakan ini merupakan laporan kekayaan terbaru calon gubernur dan calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Masing-masing calon melapor jumlah harta kekayaannya ke komisi antirasuah pada periode September-Oktober 2016. Hanya calon wakil gubernur Sylviana Murni yang masih menggunakan laporan kekayaan tahun kemarin. Berikut laporan kekayaan cagub-cawagub DKI Jakarta.

1. Agus Harimurti Yudyohono
Dari hasil LHKPN, Agus memiliki harta tidak bergerak berupa bangunan seluas 90 m2 di Jakarta Selatan, tanah dan bangunan seluas 208 m2 dan 60 m2 di Jakarta Selatan, serta tanah seluas 978 m2 di Kabupaten Bogor yang berasal dari hasil sendiri dan hibah. Jika ditotal, jumlah harta tidak bergeraknya mencapai Rp 6,7 miliar.

Agus Harimurti Yudhoyono. (NET)

 

Anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu juga memiliki harta bergerak seperti mobil Toyota Velfire, usaha perkebunan dan peternakan, kepemilikan perusahaan PT Exquisite Indonesia, logam dan batu mulia dengan total Rp 1,5 miliar. Juga memiliki giro dan setara kas lainnya dengan total Rp 6,9 miliar dan US$ 511.322. Jika ditotal keseluruhan, Agus memiliki harta senilai Rp 22,21 miliar.

2. Sylviana Murni
Mantan Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta itu memiliki sejumlah harta tidak bergerak yang tersebar di berbagai wilayah ibu kota.  Sylviana juga memiliki harta bergerak berupa satu mobil Honda Odyssey dan Honda Accord, serta empat motor bebek, logam mulia.

Sylviana Murni. (NET)

 

Jika ditotal semuanya, Sylviana memiliki harta kekayaan senilai Rp 8,3 miliar.

3. Basuki Tjahaja Purnama
Calon gubernur petahana ini memiliki total kekayaan senilai Rp 25,6 miliar dan US$ 7.228. Ahok, sapaan Basuki, paling banyak memiliki harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan di Belitung.

Basuki Tjahaja Purnama. (NET)

 

Dia juga memiliki usaha pertambangan, logam mulia, surat berharga yang menjadi harta bergeraknya. 

4. Djarot Saiful Hidayat
Politikus PDI Perjuangan ini hanya memiliki total kekayaan senilai Rp 6,2 miliar. Mantan Wali Kota Blitar ini memiliki sejumlah harta tak bergerak berupa sebidang tanag di Blitar dan di Depok.

Djarot Saiful Hidayat. (NET)

 

Untuk harta bergerak, Djarot memiliki logam mulia, tiga unit mobil: Toyota Crown tahun 1994, Honda Accord dan Toyota Fortuner. Serta giro dan setara kas lainnya.

5. Anies Rasyid Baswedan
Anies memiliki total kekayaan Rp 7,3 miliar dan US$ 8.893. Rinciannya adalah kepemilikan sejumlah tanah dan bangunan di Jakarta Selatan berupa harta tak bergerak.

Anies Baswedan. (NET)

 

Kemudian tiga mobil jenis Toyota Avanza, Kijang Innova dan Mazda 2, serta logam mulia yang menjadi harta bergeraknya.

6. Sandiaga Salahuddin Uno
Sandiaga memiliki laporan kekayaan paling banyak ketimbang calon-calon lainnya. Pada LHKPN, total kekayaan Sandiaga senilai Rp 3,8 triliun dan US$ 10.347.381. 
 

Sandiaga Uno

 

Jika dirinci, kebanyakan harta kekayaan Sandiaga berasal dari investasi berjangka dan juga beberapa perusahaannya.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments