hero
Ilustrasi kekerasan anak (NET.Z/Heriyanto)

EDITOR : REZA ADITYA

29 November 2016, 13:10 WIB

INDONESIA

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan jumlah kekerasan terhadap anak berdasarkan data kementeriannya semakin menurun. Namun dia menyayangkan penurunan ini tidak diimbangi dengan pemberitaan di media massa.

Menurut dia, media massa cenderung gencar mempublikasi kasus kekerasan anak secara terus-menerus. "Akibatnya, publikasi banyak dimunculkan karena penjangkauan masyarakat terhadap media semakin luas," kata Khofifah, Selasa, 29 November 2016.

Publikasi dari media massa, kata Khofifah, seolah membuat opini bahwa jumlah kekerasan anak di Indonesia terus meningkat. Meski demikian, Khofifah juga memanfaatkan akses keterbukaan informasi dan media sebagai bahan kampanye mengurangi kekerasan terhadap anak. 

Caranya adalah membuat penanganan kekerasan terhadap anak lebih mudah dijangkau dan diantisipasi. "Melakukan pengawasan dari satuan bakti sosial di seluruh Indonesia setiap titik, selalu minta quick respons, mengatasi trauma healing baik kepada korban atau keluarga."

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bersama anak-anak. (TWITTER/@KemensosRI)

 

Khofifah mengimbau masyarakat segera melaporkan jika di daerahnya terdapat kasus kekerasan anak. Kementerian, kata dia, menyiapkan nomor pengaduan yang bisa diakses siapapun. Nomor tersebut adalah Telepon Pelayanan Sosial Anak (TePSA) 1500771.

Kementerian Sosial, kata Khofifah, saat ini sedang menyiapkan surat edaran bersama Kementerian Dalam Negeri tentang perlindungan anak. Isi surat edaran itu, menginstruksikan kepada seluruh satuan perangkat kerja daerah di tingkat rukun warga (RW) memiliki 10 orang relawan perlindungan anak. 

"Itu dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan," ujar dia. "Efektivitasnya tergantung dari kebijakan masing-masing kepala daerah."

Kasus kekerasan terhadap anak yang menyebabkabn kematian terjadi di Palembang beberapa waktu kemarin. Seorang ibu tega menganiaya anaknya yang masih balita hingga tewas. Kemudian kasus terbaru terjadi kemarin, pasangan suami istri di Bogor tega menganiaya anaknya yang berusia tiga tahun hingga meregang nyawa.

MOCHAMMAD SHOLIHIN

BACA JUGA:
Orang Tua Bunuh Balita Jadi Tersangka
Pengasuh Jadi Tersangka Pembunuh Bayi Bastian
Ibu Ini Tega Bunuh Anaknya yang Masih Balita

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments