hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

25 November 2016, 10:05 WIB

JERMAN

Tahun depan Google akan membangun kampus baru di Kreuzeberg, Jerman. Di tempat ini raksasa dari Sillicon Valley akan menuntun para pelaku startup pemula untuk masuk ke dalam jaringan bisnis digital global.

Perkembangan perusahan rintisan yang sangat maju dalam lima tahun terakhir menjadi alasan dipilihnya Jerman. 

"Keberadaan kita di sini akan membantu perusahaan-perusahaan rintisan berkembang dengan baik. Kami juga akan mempromosikan perusahaan rintisan yang sudah ada," kata Mary Grove, Direktur Google for Entrepreneurs.

Pelajar di Google Campus dibekali lebih banyak keahlian praktek daripada teori. Beberapa program seperti Campus for Moms dan Founders over 50 akan digalakan demi terciptanya ekosistem digital yang ramah bagi semua kalangan. 

Kegiatan perkuliahan di Google Campus Tel Aviv. (GOOGLE)

Menurut Grove salah satu faktor startup tumbuh pesat di Jerman adalah Brexit. Semenjak Inggris keluar dari Uni Eropa iklim ekonomi menjadi tidak stabil. Perusahaan-perusahaan rintisan memilih pergi dan beroperasi di kota-kota yang lebih murah dan memberi jaminan keamanan lebih baik.

Berlin adalah kampus ketujuh yang didirikan Google di seluruh dunia. Menyusul London, Tel Aviv, Seoul, Warsawa, Sao Paulo dan Madrid.

Berkat usahanya Google mengaku telah membuka sebanyak 4600 lapangan pekerjaan baru. Selain itu, perusahaan asal Kalifornia tersebut juga telah membukukan keuntungan sebesar Rp 3,7 triliun dari startup yang sudah berhasil.

Di Berlin Google bukanlah pemain tunggal. Mereka akan bersaing ketat dengan Factory dan WeWork. Dua perusahaan rintisan lokal yang sudah lebih dahulu melakukan ekspansi besar-besaran di tanah Bavaria. 

"Berbeda dengan yang lain, di kampus ini kami mengajarkan mereka bagaimana cara mengubah dunia," Grove menutup.

Berikut adalah salah satu contoh kegiatan perkuliahan di Google Campus:

 

BUSINESS INSIDER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments