hero
Ilustrasi Piala Dunia 2026. (FIFA)

EDITOR : REZA ADITYA

24 November 2016, 11:45 WIB

AMERIKA SERIKAT

Amerika Serikat (AS) terancam gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026 bersama Meksiko. Pelatih sepakbola timnas AS Bob Bradley mengatakan prediksi kegagalan itu disebabkan sikap kontroversial Presiden AS terpilih Donald Trump.

"Semua yang presiden terpilih lakukan pada kebijakan dalam negeri dan hubungan internasional akan menunjukan bagaimana bisa diterima dalam beberapa bidang, termasuk olahraga," kata Bradley, Rabu, 23 November 2016.

Federasi Sepakbola AS mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026. AS tidak sendiri dalam  mencalonkan sebagai tuan rumah, mereka menggandeng Meksiko, negeri tetangganya dalam ajang bergengsi itu. 

Bradley mengatakan pencalonan AS bakal sia-sia setelah Trump terpilih sebagai presiden. Musababnya, Trump sering melontarkan pernyataan kontroversial pada masa kampanye. Misalnya, membatasi diri dengan Meksiko dengan berencana membuat tembok pembatas. 

Bob Bradley. (football.co.uk)

 

Lebih dari itu, pernyataan Trump lainnya yang bersifat rasis dikhawatirkan akan semakin memperkecil peluang AS menjadi tuan rumah Piala Dunia. Juga soal rencana Trump membawa AS keluar dari berbagai organisasi internasional.

"Saya tidak suka setiap bagian dari kampanye Trump, saya pikir negara kita dibangun di atas kepedulian terhadap orang-orang yang berasal dari tempat yang berbeda," ujar Bradley.

Bradley juga menganggap sikap Trump tidak mencerminkan nilai-nilai tradisonal Amerika yang toleran. "Saya hanya bisa berharap pekerjaan presiden nantinya menunjukkan sesuatu perbedaan yang nyata dari apa yang kita lihat selama kampanye." kata Bradley, yang saat ini menjabat sebagai manajer dari Swansea. 

FOOTBALL.CO.UK

BACA JUGA:
Duh! Melania Trump Diboikot Desainernya Michelle Obama
Trump Pilih Tukang Kritiknya Jadi Duta PBB
Rusia Dituding Berada di Balik Kemenangan Trump

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments