hero
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (REUTERS)

EDITOR : OCTOBRYAN

24 November 2016, 01:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memilih Gubernur negara bagian Carolina Selatan Nikki Haley sebagai Duta Amerika Serikat di Persatuan Bangsa Bangsa. Haley merupakan pejabat ke-6 yang dipilih Trump sejak dirinya menang pemilihan 8 November 2016 silam.

“Haley  membuktikan mampu membawa masyarakat dari berbagai latar belakang maju bersama demi bangsa dan Negara”, ujar Trump seperti dilansir Reuters, Rabu, 23 November 2016.

Gubernur negara bagian Carolina Selatan Nikki Haley. (REUTERS)

Wanita 44 tahun itu dikabarkan telah menerima tawaran Trump dan tetap menjabat gubernur sampai tawaran itu disetujui senat Amerika Serikat.

"Saat Presiden percaya bahwa anda memiliki kontribusi besar,  maka itu merupakan panggilan yang penting dan harus diperhatikan," ujarnya seperti dikutip dari CNN.

BACA JUGA:
Trump Jadi Presiden AS, Korea Utara Tak Peduli
Pemerintahan Trump Berpotensi Jadi Otoritarian
Trump akan Deportasi 3 Juta Orang
Mengintip Melania Trump Sowan ke Gedung Putih

Terpilihnya Nikki Haley terbilang mengejutkan. Haley selama ini dikenal sebagai pengkritik keras Trump pada masa kampanye lalu. Haley juga menolak mendukung Trump untuk maju sebagai Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik pada pemilihan pendahuluan.

Trump balas mengkritik kebijakan imigrasi Haley yang dinilainya terlalu lemah. Pasalnya, dia membiarkan imigran masuk tanpa pembatasan agama maupun etnis.

Haley adalah putri seorang imigran India yang memiliki sedikit pengalaman dalam kebijakan luar negeri. Penunjukkan Haley dinilai untuk melawan kritikan terhadap Trump tentang imigran dan minoritas selama kampanyenya.

CNN | REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments