hero
Pimpinan FPI Rizieq Shihab. (fpi.or.id)

EDITOR : REZA ADITYA

23 November 2016, 10:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Badan Reserse Kriminal Polri memeriksa pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar mengatakan Rizieq diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi ahli atas kasus dugaan penodaan agama yang melibatkan Gubernur DKI Jakarta Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

"Jadi ini merupakan tindak lanjut dari pemeriksaan sebelumnya," kata Boy, Selasa, 23 November 2016.

Pemanggilan Rizieq bersifat pro justicia sebagai saksi yang dihadirkan dari pihak pelapor. Adapun pemerikasaan Rizieq akan digelar di Badan Reserse Kriminal di Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta Pusat. Rizieq diperiksa sekitar pukul 10.00 WIB.

Gubernur DKI Jakarta Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama setelah menjalani pemeriksan perdana sebagai tersangka, Selasa, 22 November 2016. (NET)

 

Rizieq berharap pemeriksaaannya kali ini bisa segera merampungkan berkas kasus Ahok sesegera mungkin. "Saya datang untuk menyempurnakan pemeriksaan agar berkasnya bisa dilimpahkan ke Kejaksaan Agung," ujar dia. "Saya di sini sebagai saksi ahli agama."

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan berkas kasus Ahok sudah mencapai 70 persen. Dia berjanji akan segera melimpahkan berkas tahap pertama ke Kejaksaan pada Jumat pekan ini. 

"Saya bilang 70 persen kami sudah maksimalkan," ujar dia. "Kalau hanya keterangan ahli yang diminta oleh pelapor mungkin tidak sampai penuh yang kami terangkan, nanti saja di persidangan, karena ini kan waktu sudah cukup lama."

SURYO BASKORO | ANDRY SURYAWENATA

BACA JUGA:
Selesai Diperiksa, Ahok Irit Bicara
Ahok Jalani Pemeriksaan Perdana sebagai Tersangka
Ingin Ahok Ditahan, Aksi Damai Kembali Berlanjut

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments