hero
Penyanyi K-Pop Psy. (REUTERS/Steve Marcus)

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

21 November 2016, 10:04 WIB

AMERIKA SERIKAT

YouTube sudah memengaruhi peradaban manusia. Bayangkan saja saat ini semakin banyak pengguna internet yang memanfaatkan YouTube untuk mencari hiburan, informasi, inspirasi sampai meng-upload berbagai cerita.    

Para selebriti, tim olahraga, perusahaan, tokoh politik hingga pemerintahan juga tak mau ketinggalan memanfaatkan YouTube. Besarnya pengguna YouTube dan efeknya yang masif dinilai efektif untuk menyampaikan pesan.    

Mengutip dari Fortune Lords, YouTube hingga Oktober 2016 memiliki sedikitnya 1,3 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Setiap menitnya ada 300 jam video yang di-upload oleh para penggunanya. Kemudian sekitar 5 miliar klip video ditonton setiap harinya dan durasi total video yang diputar setiap bulannya mencapai 3,25 miliar jam.   

Angka-angka di atas menunjukkan begitu besarnya pemakaian YouTube oleh pengguna internet. Ini belum termasuk uang yang beredar dari monetizing content di YouTube yang ditaksir mencapai miliaran dolar Amerika Serikat.   

Saking besarnya uang yang dihasilkan dari YouTube, banyak musisi memanfaatkannya. Mereka memajang klip terbarunya di YouTube bukan hanya untuk mempromosikan single atau album terbarunya, tapi juga ingin membuktikan eksistensi dan apresiasi audience lewat angka subscriber dan views.    

Semakin besar jumlah subscriber dan video views-nya, menjadi bukti karya sang musisi dikenal oleh penonton. 

Beberapa video musik seleb bahkan sudah ada yang ditonton sampai satu miliar kali atau lebih di YouTube. Mau tahu siapa saja?   

1. Video ‘Gangnam Style’ yang dinyanyikan oleh Psy dan di-upload oleh akun officialpsy sudah dilihat sampai 2,68 miliar kali. Lagu yang dibawakan oleh penyanyi asal Korea Selatan itu pertama kali di-upload pada 15 Juli 2012 dan menjadi video YouTube pertama yang mencapai one billion views.   
 



2. Lagu ‘See You Again’ yang dinyanyikan oleh Wiz Khalifa featuring Charlie Puth sudah dilihat sebanyak 2,09 miliar kali. Video yang di-upload oleh akun wizkhalifa pada 6 April 2015 ini merupakan official soundtrack film ‘Furious 7’.  
 



3.  Video ‘Sorry’ yang dinyanyikan oleh Justin Bieber sudah ditonton sebanyak 2 miliar kali sejak akun JustinBieberVevo meng-uploadnya pada 22 Oktober 2015. Bieber memiliki video YouTube lainnya yang sudah dilihat lebih dari semiliar kali. Video ‘Baby’ featuring Ludacris yang di-upload oleh akun yang sama pada 19 Februari 2010 sudah dilihat hampir 1,5 miliar kali. 
 



4. Video ‘Uptown Funk’ yang dinyanyikan oleh Mark Ronson dan Bruno Mars ini sudah dilihat sebanyak 1,97 miliar kali. Video tersebut di-upload oleh akun MarkRonsonVevo pada 19 November 2014. ‘Uptown Funk’ juga sukses memenangkan tiga Grammy Awards.
 



5. Taylot Swift juga masuk daftar musisi yang video YouTube-nya sudah ditonton hingga melebihi satu miliar kali. Video ‘Blank Space’ yang di-upload oleh akun TaylorSwiftVevo  pada 10 November 2014 ini sudah dilihat sebanyak 1,8 miliar kali.

 

 

THE TELEGRAPH

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments