hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

17 November 2016, 18:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

You are what you eat.  Maksudnya apa yang kita makan dapat berdampak pada setiap bagian kehidupan kita.

Nggak semua makanan baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kita. Bahkan sebagian besar makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat mempercepat proses penuaan dini bila dikonsumsi terus menerus.

Hiy! Nggak pengen kan baru berumur 20'an tapi terlihat seperti umur 30'an. Makanya guys, kurangi deh,mengonsumsi 10 makanan berikut! 

1. Makanan olahan

Makanan olahan (THISISINSIDER)

Penganan seperti kentang goreng, hot dogs, cookies, biasanya tidak memiliki vitamin, mineral dan antioksidan. Sebaliknya makanan ini mengandung banyak garam dan lemak jahat yang mempercepat proses penuaan.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji (PERFECT INSIDER)

Makanan cepat saji mengandung gula yang banyak, garam, biji-bijian olahan, dan lemak jenuh. Bahan-bahan ini membuat tubuh kita bekerja keras memprosesnya. Selain itu makanan cepat saji biasanya tidak memiliki nilai gizi serta kalori.

3. Minuman Alkohol

Minuman beralkohol (THISISINSIDER)

Mengkonsumsi alkohol berlebihan dapat memperlambat metabolisme, menjadikan kulit keriput, menurunkan kesehatan jantung, serta mengurangi umur panjang. Sebaiknya batasi konsumsi alkohol satu sampai dua gelas dalam seminggu.

4. Kue kering

Aneka kue kering (THISISINSIDER)

Gula, karbohidrat olahan, lemak trans, dan sodium dapat meningkatkan proses penuaan. Bahan-bahan tersebut menimbulkan peradangan dalam tubuh yang menyebabkan penuaan. Sebaiknya kue-kue kering dibatasi konsumsinya.

5. Kopi

Secangkir kopi (THISISINSIDER)

Minuman candu satu ini memang nikmat, tetapi minuman ini dapat mempercepat proses penuaan karena kandungan kafein di dalamnya. Membatasi konsumsi kopi dapat dilakukan dengan minum satu atau dua cangkir sehari disertai mengonsumsi air putih atau jus yang tidak mengandung kafein.

6. Daging Merah

Daging Merah (THISISINSIDER)

Memakan daging merah terlalu banyak dapat mempercepat proses penuaan pada kulit dan tubuh kamu. Sebaiknya konsumsi daging merah pada hari-hari khusus saja, sementara di hari biasa kamu dapat mengonsumsi daging putih seperdi dada ayam dan ikan.

7. Pasta

Pasta (THISISINSIDER)

Pasta dan makanan bertepung lainnya memiliki karbohidrat dan gula dalam jumlah banyak yang dapat mempercepat proses penuaan. Menggantinya dengan olahan gandum serta menambah lebih banyak sayuran dapat membantu menghambat proses penuaan dini.

8. Permen

Macam-macam permen (THISISINSIDER)

Kandungan gula dalam permen mencegah nutrisi anti keriput bekerja dengan baik, merusak kolagen, dan pastinya membuat kita terlihat lebih tua. Kamu bisa menggantinya dengan camilan berprotein dengan lemak sehat dan antioksidan seperti kacang almond dan macademia.

9. Soda

Minuman bersoda (HUFFINGTON POST)

Kandungan gula yang banyak dalam tiap kaleng soda merupakan penyebab cepatnya proses penuaan. Kamu dapat menggantinya dengan jus dan teh rendah gula atau lebih baik lagi dengan air putih.

10. Makanan kaleng

Makanan kaleng (TREEHUGGER)

Kandungan sodium yang tinggi mempercepat proses penuaan kamu bila mengonsumsinya terlalu banyak. Menggantinya dengan makanan segar yang diolah sendiri dapat menjauhkan kamu dari penyakit serta membuat kulitmu tetap sehat dan awet muda.

Stay health and young guys!

 

RIEN REKA | INSIDER

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments