hero

EDITOR : OCTOBRYAN

17 November 2016, 23:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menemukan beberapa pelanggaran yang dilakukan pasangan calon dalam kampanye Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Kepala Divisi Sosialisasi dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI Nasrullah mengatakan, jenis pelanggaran yang dilakukan ialah melibatkan aparatur sipil negara. Untuk mencegah hal tersebut kembali terjadi, Bawaslu akan meningkatkan pengawasan kampanye yang dilakukan tiap pasangan calon.

Basuki Tjahaja Purnama saat kampanye. (NET)

"Pasti ada pengaruh soal pelibatan itu. Kami akan lakukan pengawasan melekat hingga ke tingkat kelurahan," ujarnya di Jakarta, Kamis, 17 November 2016.

Nasrullah kemudian mengingatkan pentingnya koordinasi antara pasangan calon dan Bawaslu dalam berkampanye. Hal itu dilakukan agar peraturan kampanye yang telah ditetapkan dan disepakati sebelumnya bisa berjalan dengan baik.

Agus Harimurti Yudhoyono saat berkampanye. (NET)

"Inikan masalah penegakan aturan main. Bagaimana caranya agar tertib dan tidak gaduh," tambahnya. "Penegakan aturannya ini menjadi otoritas di pengawas Pemilu masing-masing."

Nasrullah menjelaskan, tidak hanya pasangan calon yang melakukan pelanggaran kampanye, simpatisan maupun warga juga bisa melakukan pelanggaran terhadap aturan kampanye. 

Anies Baswedan saat berkampanye. (NET)

"Merujuk penolakan kampanye terhadap salah satu pasangan calon kemarin,itu ada konsekuensinya," tambahnya.

Nasrullah melanjutkan tiap bentuk pelanggaran kampanye akan mendapatkan surat peringatan dan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan. Sanksi ini pula nantinya akan mempengaruhi hasil pilkada pada Februari 2017

"Bagi pihak yang menghalang-halangi, orang ini bisa kena sanksi pidana. Ancaman-nya minimal 1 bulan dan maksimal 6 bulan.  Plus denda minimal Rp.600.000 maksimal Rp. 6.000.000" tutupnya.

DESYTA PURI | EDWAN NURVICKTA

BACA JUGA:
Bawaslu DKI Temukan Pelanggaran Kampanye Pasangan Calon
Bawaslu Sebut Pernyataan Ahok Bukan Pelanggaran Pemilu
Saran Ketua KPUD soal Penolakan Kampanye​
Gowaslu, Aplikasi Kece Pemantau Pemilu Dari Bawaslu

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments