EDITOR : DASNITA M. SINAGA

16 November 2016, 06:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Siap-siap yah guys, sebentar lagi wisata Pulau Belitung akan dikembangkan seperti Maldives! Yups, ini artinya hotel bertaraf internasional, fasilitas pariwisata yang memadai akan melengkapi pulau yang terletak di lepas pantai timur Sumatera ini.

Memang layak sih, karena Belitung merupakan surganya wisata bahari. Banyak pulau-pulau cantik yang akan kamu jika berkunjung kesini, pemandangan alam bawah lautnya mempesona, ditambah batu-batu granit yang terselip di tengah birunya laut.

So, sebelum pulau penghasil lada ini dipenuhi wisatawan, yuk jelajahi keindahan Belitung melalui beberapa tempat ini!

1. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang (INDONESIA BAGUS)

Pantai Tanjung Kelayang merupakan salah satu objek wisata yang populer di Pulau Belitung. Sejauh mata memandang terlihat pasir putih dan air laut yang jernih. Pengunjung juga bisa menikmati susunan batu granit raksasa di sepanjang pantai.  Uniknya bentuk bebatuan ada yang menyerupai kelapa burung garuda yang kemudian menjadi icon pantai ini.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi (INDONESIA BAGUS)

Di banding pantai lain, Tanjung Tinggi merupakan tempat yang paling aman untuk berenang karena ombaknya kecil dan tenang. Di sekitar pantai terdapat banyak batu granit yang tertata rapi secara alami, ukuran batu bervariasi dari mulai kecil hingga lebih besar dari rumah!

Pantai ini pernah dijadikan tempat pengambilan gambar film Laskar Pelangi lho guys, sejak itu banyak wisatawan yang menyebut tempat ini dengan Pantai Laskar Pelangi.

Selain berenang, kegiatan seru yang bisa dilakukan disini adalah bermain di undakan batu granit dan berburu foto sunset.

3. Hutan Batu Mentas

Wisatawan bermain tubbing di sungai

Tidak hanya pantai, Belitung juga memiliki objek wisata pegunungan, Batu Mentas. DIsebut begitu karena untuk menuju daerah ini kita harus melewati batu terjal di sepanjang perjalanan.

Batu mentas merupakan wilayah hutan lindung hujan tropis yang terletak di kaki Gunung Tajam.Terdapat sungai yang membelah hutan yang bisa dipakai untuk tubing yaitu kegiatan meluncur di sungai yang berarus ringan menggunakan ban karet. Wajib dicoba nih! karna selain seru, panorama alamnya sangat menakjubkan.

4. Pulau Lengkuas

Caption

Nggak lengkap rasanya ke Belitung jika tidak singgah ke Pulau Lengkuas.  Di sini  kamu bisa melihat mercusuar setinggi 70 meter yang dibangun pada masa kolonial Belanda pada tahun 1882 dan masih berfungsi dengan baik. Wisatawan diperbolehkan untuk masuk dan naik mercusuar, dari atas wisatawan bisa menikmati panorama perairan belitung yang mengagumkan!

Caption

Alam bawah laut pulau Lengkuas tidak usah diragukan, keindahhannya sudah terkanal hingga ke mancanegara. Kamu wajib banget snorkling disini.  Hanya berenang di permukaan laut saja, kita sudah bisa bertemu ratusan ikan zebra dan cantiknya terumbu karang yang berwarna-warni. Jika berani menyelam lebih dalam lagi kita akan menemukan bangkai kapal Indomerin yang tenggelam pada tahun 1990.

5. Danau Kaolin

Caption

Satu lagi tempat wajib yang harus dikunjungi di Pulau Belitung, yaitu Danau Kaolin. Danau ini terbentuk dari lubang yang besar bekas tambang Kaolin. Kaolin sendiri adalah mineral yang biasa digunakan sebagai salah satu bahan kosmetik ataupun pasta gigi. Lambat tahun lubang yang terbentuk akibat galian yang bertumpuk  ini terisi air, sehingga membentuk sebuah danau  indah yang membiru dan kontras dengan pasir putihnya. 

 

INDONESIA BAGUS

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments