hero
Raditya Dika. (INSTAGRAM/raditya_dika)

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

14 November 2016, 10:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Video Blogging atau biasa disebut vlogging adalah kegiatan blogging dalam bentuk audio visual lalu mengunggahnya ke media sosial, biasanya ke YouTube. Berbeda dengan blogging konvensional yang hanya menggunakan kata-kata atau teks sebagai kontennya.

Vlog biasanya berisikan beragam hal, mulai dari video tips and trick, komedi, tutorial, bahkan sampai daily life yang mungkin dianggap enggak penting bagi sebagian orang, tapi menarik untuk sebagian penonton lainnya.  

Raditya Dika selain dikenal sebagai penulis, pemain film, komikus dan sutradara, ternyata juga merupakan salah satu vlogger (sebutan untuk pembuat vlog) terkenal di Indonesia. Vlog di akun Youtube pribadinya sudah mencapai dua juta lebih subscriber.    

 

(Salah satu contoh Vlog Raditya Dika)

Saat membuat vlog, pria kelahiran 28 Desember 1984 ini cenderung memilih tipe daily life atau video kegiatan sehari-hari. “Vlog aku itu enggak ada isinya, yang lain pada penting, nama tipenya tuh daily vlog. Isinya enggak ada apa-apa. Jadi cuman bangun, didokumentasiin, tidur, selesai, sama sekali enggak penting,” kata pria yang sudah menulis enam novel, salah satunya ‘Koala Kumal’. 

Saat ditanyai mengenai tips apa yang harus dilakukan saat ingin menjadi vlogger kece, pria bernama lengkap Raditya Dika Angkasa Putra Moerwani ini membaginya. “Yang penting jujur. Orang tuh salah karena mereka nge-vlog harus dibikin rapi, dibikin keren, enggak usah. Jujur aja, jadi tinggal nyalain kameranya, terus apapun yang ada di pikiran langsung omongin aja,” jelasnya. 

“Kalau selama ini kan aku bikin serial dan film itu pake script, stand up comedy kan juga ditulis. Jadi Vlog ini untuk orang seperti aku membebaskan banget, karena aku bisa ngomong apa aja tanpa script,” tambahnya.

SARAH SECHAN NET | RIEN REKA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments