hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

14 November 2016, 09:10 WIB

KAB. WONOSOBO, INDONESIA

Satu tempat sejuta pesona. Itulah julukan yang pantas diberikan untuk dataran tinggi Dieng yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dulunya kawasan berhawa dingin ini hanya menjadi tempat spiritual saja, namun belakang Dieng telah menjadi primadona baru wisata, karena alamnya yang mempesona.

Nggak cuma indah, Dieng juga menawarkan beragam keunikan yang sulit kamu temukan di tempat wisata lain di Indonesia. Apa saja keunikannya? Simak artikel Net.Z berikut ya!

  • Sunrise di Bukit Sikunir
Caption

Buat traveler yang ingin menikmati sunrise, bukit Sikunir di Dieng adalah pilihan yang tepat. Bukit wisata ini merupakan salah satu spot terbaik di Indonesia untuk melihat matahari terbit. Selain itu bukit ini relatif mudah untuk wisatawan yang tidak mampu mendaki terlalu tinggi dan mengeluarkan banyak tenaga.

Supaya nggak ketinggalan melihat sunrise, kamu harus standby sejak jam tiga pagi di start point Desa Sambungan. Dari sini kamu hanya perlu mendaki selama 30 menit untuk mencapai puncak bukit.

Oh iya, udara disini cukup dingin lho, bisa mencapai minus lima derajat celcius, so jangan lupa bawa jacket tebal ya!

Saat matahari mulai terbit, sedikit demi sedikit cahaya berwarna merah dan kuning mulai muncul yang berkolaburasi dengan awan dan gunung. Pemandangan ini bakal bikin kamu berdecak kagum. 

  • Batu Ratapan Angin
Caption

Puas menikmati golden sunrise di Bukit Sikunir, kamu wajib banget mampir ke tempat yang nggak kalah menarik ini, namanya Batu Ratapan Angin.

Batu Ratapan Angin merupakan dua batu besar yang berdampingan dan terletak di sekitar Dieng Plateau Theater. Dari lokasi ketinggian ini kamu bisa menikmati pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Yang bikin dua telaga ini unik adalah perbedaan warna airnya yang mencolok. Telaga Pengilon memiliki air yang jernih hingga bisa kamu gunakan untuk bercermin, sedangkan Telaga Warna, karena fenomena alam warna airnya sering berubah-ubah. Terkadang hijau dan kuning, terkadang berwarna seperti pelangi. Ini terjadi karena Telaga Warna mengandung sulfur yang tinggi, sehingga saat terkena sinar matahari warna air telaga tampak warna-warni.

  • Kawah Sikidang
Caption

Dataran tinggi Dieng merupakan kawasan vulkanik aktif atau biasa disebut gunung api raksasa. Kawasan ini memiliki beberapa kawah yang indah, salah satunya kawah Sikidang. Pemandangan di sekitar kawah ini sangat indah, kamu bisa menyaksikan kepulan asap putih dengan latar belakang hamparan bukit hijau dan tanah kapur.

Namun, kawasan kawah Sikidang mengandung belerang yang tinggi, sehingga bau gas disini cukup menyengat.Jadi sangat disarankan sangat berkunjung kesini kamu menggunakan masker.

Caption

Disini kamu bisa melihat dengan jelas gelembung gas kawah Sikidang. Gejolak magma cukup tinggi, antara setengah hingga satu meter. Untuk keamanan bagi pengunjung kawah Sikidang dibuat pagar pembatas agar tidak ada pengunjung yang tercebur dalam kawah atau terkena dampak gas belerang.

Selain menikmati pemandangan alam yang eksotis kamu juga bisa selfie dan wefie di spot yang sudah disediakan.

 

WEEKEND LIST

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments