hero
Koruptor asal Malaysia yang diamankan petugas Imigrasi Klas I Medan. (NET/Yono)

EDITOR : REZA ADITYA

12 November 2016, 12:30 WIB

MEDAN, INDONESIA

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan menangkap seorang warga negara Malaysia, Mohamad Khaizad bin Hasyim, yang selama ini menjadi buronan lembaga antirasuah di negaranya. Mohamad ditangkap di tempat persembunyiannya di Jalan Glambir V, Gang Atok Ujung, Kecamatan Medan Helvetia pada Rabu kemarin.

"Selama tiga bulan kami melakukan proses penyelidikan dan komunikasi pada pihak konsulat terkait," kata Kepala Imigrasi Klas I Medan, Lilik Bambang Lestari, Sabtu, 12 November 2016.

Belum diketahui kasus korupsi apa yang menjerat Mohamad di negaranya. Yang pasti, kata Bambang, Mohamad sudah hampir setahun kabur dari Negeri Jiran. 

Paspor yang digunakan pelaku. (NET/Yono Syahputra)

 

Mohamad tiba di Indonesia sejak November tahun lalu. Dia berangkat dari Johor menuju Batam dengan jalur ilegal. Kemudian, dia berangkat menuju Bireun, Aceh. Di Aceh dia membuat sejumlah dokumen kewarganegaraan Indonesia.

Di antaranya adalah paspor Indonesia yang dikeluarkan di Lhokseumawe pada 19 April 2016. Dia juga memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dikeluarkan Pemerintah Kota Bierun tanggal 5 September 2016. Bahkan Surat Izin Mengemudi (SIM) A.

Sejumlah barang bukti yang diamankan dari pelaku. (NET/Yono)

 

Pria bernama asli Khairul Anam itu dibantu seorang sepupunya yang merupakan warga negara Indonesia untuk mendapatkan dokumen-dokumen tersebut. Akibat perbuatannya, pria asal Selangor itu terancam kurungan lima tahun penjara sebelum dideportasi ke negara asalnya.

Dia terjerat pasal berlapis dari Undang-Undang tentang Keimigrasian.

YONO SYAHPUTRA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments