hero
Ilustrasi demonstrasi Pilgub DKI Jakarta. (NET.Z/Farhan Adli)

EDITOR : REZA ADITYA

11 November 2016, 11:45 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Ketua Komisi Pemilihan Umum Jakarta Sumarno mengimbau masyarakat tidak melakukan aksi sabotase penolakan kampanye salah satu pasangan calon gubernur ibu kota. Dia menyarankan kepada masyarakat agar penolakan terhadap salah satu pasangan calon dilakuan di bilik suara.

"Kalau mereka (masyarakat) tidak suka dengan salah satu pasangan calon, pada hari pemungutan tidak perlu dipilih," kata Sumarno, Jumat, 11 November 2016. "Jadi penolakan itu dinyatakan pada 15 Februari 2017 di bilik suara dengan tidak memilih. Bukan dengan menolak pada saat kampanye."

Sumarno menyayangkan adanya aksi penolakan masyarakat terhadap salah satu pasangan calon yang berujung pada kerusuhan. Padahal, kata dia, mengacu pada undang-undang pemilihan umum, pasangan calon berhak melakukan kampanye di mana saja sesuai dengan aturan yang berlaku.

Ilustrasi demonstrasi. (NET.Z/Heriyanto)

 

"Oleh karena itu saya mengimbau kepada masyarakat supaya memberi akses dan tidak melakukan penolakan atau penghadangan terhadap calon yang sedang kampanye," ujar dia. "Bahwa dukung mendukung dan tolak menolak dalam demokrasi itu sesuatu yang biasa tetapi disalurkan pada tempat yang benar."

Sumarno mengatakan aksi penolakan masyarakat terhadap salah satu pasangan calon gubernur baru kali ini terjadi. Dia heran masyarakat begitu aktif dalam menyuarakan pendapatnya dengan cara menolak kampanye.

Sebelumnya, aksi penolakan terhadap calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terjadi di Rawa Belong, Jakarta Barat. Penolakan masyarakat terhadap Ahok itu diduga terkait tudingan penistaan agama yang dilakukan mantan Bupati Belitung Timur itu.

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat juga ditolak sejumlah masyarakat Kedoya Utara dan Kembangan, Jakarta Barat, beberapa waktu lalu. 

Sumarno berharap kejadian penolakan itu tidak terjadi di daerah-daerah lain. Dia berharap suasana kampanye yang berlangsung sampai Februari 2017 berjalan dengan damai.

HAPPY HUTAURUK

BACA JUGA:
Isi Weekend, Ini yang Dilakukan Cagub dan Cawagub DKI Jakarta
Tiga Calon Gubernur DKI Blusukan di Akhir Pekan

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments