hero
Mantan Ketua KPK Antasari Azhar. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

10 November 2016, 10:10 WIB

INDONESIA

Sejumlah kerabat dan aktivis pegiat antikorupsi berbondong-bondong mendatangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang. Tujuan mereka hanya satu: menyambut bebas bersayaratnya mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar.

Ida Laksmiwati, istri Antasari, tak kuasa menahan haru suaminya bisa kembali bersama keluarga. Dia mengaku belum ada rencana apa-apa dengan suaminya. "Istirahat dulu dan main dengan cucu," kata Ida, Kamis, 10 November 2016.

Buat Ida, kembalinya sang suami dari sel pesakitan bisa melepas kerinduan bersama keluarga besar mantan jaksa itu. Ida juga mengatakan tidak akan kembali mengorek luka lama penyebab suaminya ditahan. Apalagi, terkait adanya dugaan rekayasa kasus.

"Percuma kalau kita membongkar (kasus), bapak juga sudah menjalaninya dan sudah ikhlas," ujar Ida. "Sudah biarkanlah kami berserah diri kepada yang di atas (Tuhan)."

Mantan Ketua KPK Antasari Azhar (kanan) saat berdiskusi. (NET)

 

Kini, sekitar puluhan orang rela mengantre di pintu gerbang Lapas Klas 1 Tangerang. Mereka rindu Antasari yang selama enam tahun dibui.

Antasari divonis 18 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Februari 2010 dalam kasus pembunuhan Direktur PT Putra Rajawali Banjaran Nasrudin Zulkarnaen di tahun 2009. Antasari sempat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Tapi Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperkuat hukuman yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Antasari akhirnya menempuh upaya hukum luar biasa melalui grasi kepada Presiden Jokowi pada 2015. Pengajuan grasi Antasari ditolak Presiden Joko Widodo.

Antasari kemudian menempuh cara lain, yaitu meminta bebas bersyarat dari Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. 

DEDE ROHALI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments