hero
Perut rata. (Foto ilustrasi: PIXABAY)

EDITOR : FAJAR ANUGRAH PUTRA

9 November 2016, 11:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Penelitian baru-baru ini menemukan data bahwa makan malam sebelum jam 2 siang dapat mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak tubuh. Pola makan ini mengharuskan kamu untuk tidak makan lagi setelah jam 2 siang sampai waktunya sarapan di esok harinya.  

Penelitian yang dipublikasikan pada pertemuan tahunan Obesity Society 2016 menjelaskan bahwa pola makan ini telah menunjukkan hasil yang signifikan pada tikus. Yaitu berupa pengurangan lemak serta penurunan risiko terjangkit penyakit kronis. Peneliti menilai pola makan ini dapat menghasilkan dampak yang sama bagi manusia.  

 

Jamuan makan malam yang fancy. (PIXABAY)



Courtney Peterson, PhD, asisten profesor ilmu gizi di Universitas Alabama Birmingham mengatakan pola makan malam di waktu siang dapat berdampak potisitif bagi tubuh manusia. Karena meningkatkan oksidasi lemak dengan cara mengurangi asupan energi. 

Cara yang terkesan ekstrem ini sudah diteliti pada 11 pria dan wanita Amerika Serikat yang mengidap obesitas. Hasilnya pola makan malam di jam 2 siang efektif mengurangi rasa lapar serta meningkatkan pembakaran lemak di malam hari. Tak hanya itu, metabolisme dan kemampuan tubuh membakar karbohidrat juga meningkat loh. 

Tetapi penelitian ini tetap mendapatkan kritik dari beberapa pihak. Christine Gerbstadt penulis buku 'Doctor’s Detox Diet' mengatakan pola makan malam di saat siang masih belum bisa dipukul rata kepada seluruh orang. Karena pola ini dapat berdampak pada metode pengobatan di dunia medis yang mengharuskan pasiennya memakan obat di malam hari sesudah makan. 
 

Makan pizza. (PIXABAY)



Pola diet ini bila diterapkan juga harus mengubah kebiasaan dan pola sosial manusia. “Anak-anak dan orang dewasa di atas 50 tahun harus diingatkan untuk tidak mencoba pola diet ini,” kata Gerbstadt.

Lalu bagaimana dengan kamu, apakah berani mencoba pola diet ekstrem ini?


RIEN REKA | HEALTH.COM

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments