hero
Ahok diperiksa polisi. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

7 November 2016, 11:15 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diperiksa polisi terkait dugaan penistaan agama yang dilakukannya. Polisi harus meningkatkan pengamanan pemeriksaan Ahok terkait demonstrasi 4 November 2016 lalu.

"Materinya terkait dengan perkara yang kami tangani," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Agus Rianto, di kantornya, Jakarta, 7 November 2016.

Menurut Agus, ini adalah pemeriksaan kedua terhadap Ahok sebagai terlapor. Sebelumnya pada 24 Oktober 2016 lalu, Ahok datang secara sukarela memberikan keterangan kepada polisi. 

Pemeriksaan Ahok terkait pidatonya di hadapan warga Kepulauan Seribu. Ahok mengutip ayat Al Maidah 51 dan mengaitkannya dengan pilihan politik seseorang. Kontan tafsiran Ahok atas ayat itu mendapat kecaman luas.

Surat Al Maidah. (NET)

Insiden 27 September 2016 itu membuat Ahok dilaporkan ke polisi. Menurut Kepala Polri Tito Karnavian, ada beberapa organisasi keagamaan yang melaporkan Ahok yang diduga menghina agama Islam.

Akibat kasus itu, politik Indonesia bergejolak. Aksi massa pada 4 November lalu dihadiri puluhan ribu orang meminta Ahok diusut. Bahkan aksi massa itu berbelok dengan isu ingin menjatuhkan pemerintahan Joko Widodo.

Presiden Jokowi sendiri dalam pernyataannya malam seusai demo menyatakan ada aktor politik di belakang demo itu. "Ditunggangi aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi," ujar Jokowi.

Memanasnya situasi politik karena Surat Al Maidah Ahok itulah membuat polisi bergerak cepat. Tito Karnavian menyebutkan gelar perkara kasus ini akan digelar dalam dua pekan ke depan.

DILLA HANTIKA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments