hero
Puluhan ribu warga Korea Selatan tuntut Presiden Park mundur (REUTERS)

EDITOR : OCTOBRYAN

6 November 2016, 16:45 WIB

KOREA SELATAN

Puluhan ribu warga Korea Selatan memadati jalanan Kota Seoul, Sabtu, 5 November 2016, waktu setempat. Mereka berunjuk rasa menuntut Presiden Park Geun-hye mundur dari jabatannya.

Seperti dilansir dari REUTERS, sebanyak 43.000 warga memadati jalanan menuju Blue House atau Istana Kepresidenan Korea sebagai titik utama demonstrasi tersebut. Aksi ini disebut sebagai aksi massa terbesar sejak gerakan menentang impor dagung sapi dari Amerika Serikat tahun 2008.

Puluhan ribu warga Korea Selatan unjuk rasa tuntut Presiden Park Geun-hye mundur dari jabatannya (REUTERS)

Para demonstran membawa spanduk, lilin dan tulisan-tulisan menyolok "Park Geun-hye keluar" dan "Makar oleh pemerintahan rahasia". 

Park diduga terlibat kasus skandal korupsi. Ia digadang telah melibatkan teman dekatnya, Choi Soon-Sil yang disebut memanfaatkan hubungannya dengan Presiden Park untuk mempengaruhi urusan pemerintahan dan mengambil keuntungan pribadi melalui sejumlah yayasan non-profit miliknya. Choi telah didakwa jaksa melakukan penyalahgunaan kekuasaan.

Warga Korea Selatan unjuk rasa tuntut Presiden Park Geun-hye mundur dari jabatannya (REUTERS)

Park kemudian berusaha memulihkan stabilitas dengan memecat delapan stafnya dan mengusulkan tiga pejabat kabinet baru, termasuk perdana menteri. Namun partai-partai oposisi menyebut perombakan kabinet itu hanya taktik untuk mengalihkan isu dan kebijakan bermuka dua.

"Presiden harus menghapus tangannya dari urusan negara," kata Choo Mi-ae, pemimpin Partai Demokratik Korea, seperti dikutip dari REUTERS.

Warga Korea Selatan unjuk rasa tuntut Presiden Park Geun-hye mundur dari jabatannya (REUTERS)

Atas kasus itu, warga Korea marah. Mereka mengatakan, Park merupakan Presiden Korea terakhir yang terseret dalam skandal yang melibatkan keluarga ataupun kerabat. Park dinilai telah mengkhianati publik dan tidak mampu mengelola pemerintahan.

Peringkat kepercayaan rakyat terhadap Park melorot hanya tinggal 5 persen menurut jajak pendapat Gallup yang dikeluarkan pada Jumat lalu. Ini merupakan angka paling rendah bagi seorang Presiden Korea Selatan sejak jajak pendapat seperti itu dilakukan pada 1988. Belum pernah ada presiden Korea Selatan yang gagal mengemban tugas untuk masa jabatan lima tahun.

REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments