hero
Ilustrasi peyandang disabilitas (Pixabay)

EDITOR : REZA ADITYA

3 November 2016, 10:00 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta memastikan penyandang disabilitas bisa mengikuti pemilihan gubernur ibu kota pada 2017 dengan baik. Anggota KPU Jakarta, Betty Epsilon Idroos, menginginkan penyandang berkebutuhan khusus menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi tersebut.

"Saudara-saudara kita yang disabilitas kalau perlu pendampingan kami menyiapkan formulir C3, mereka berhak untuk memberikan pendamping yang mereka percaya masuk ke dalam tempat pemungutan suara (TPS)," kata Betty di Jakarta, Rabu, 2 November 2016.

Salah seorang penyandang disabilitas yang menginginkan pilkada DKI ramah disabilitas (NET)

 

Betty mengatakan ada sebanyak 5.500 warga DKI berkebutuhan khusus yang memiliki hak pilihnya. Dia akan membuat sosialisasi kepada seluruh penyandang disabilitas tentang pemilihan gubernur DKI 2017. Tak hanya itu , Betty mengatakan KPU akan menurunkan petugas untuk memberikan pendampingan kepada penyandang disabilitas.

"Seperti membuat pengumuman dengan tulisan braile dan bahasa isyarat," kata Betty. Penyandang disabilitas, kata dia, juga akan diberikan informasi saat masa kampanye. Caranya adalah bekerja sama dengan beberapa media televisi dengan memberikan layanan alih bahasa saat debat kampanye.

Gerakan untuk Kesejahteraan Tuli Indonesia, Surya Sahetapy, menilai yang dibutuhkan paling utama bagi penyandang disabilitas adalah akses informasi yang luas terhadap setiap pasangan calon. Terutama saat masa kampanye. 

"Misalnya terhadap penyandang disabilitas tuli, ketika kampanye ditayangkan di televisi tidak ada teksnya," ujar dia. "Jadi teman-teman tuli tertinggal jauh dan kurang paham program masing-masing gubernur."

ENDA TARIGAN

BACA JUGA:
Ikan Pesan Damai Pilkada DKI dari Banyumas
Ini Tebaran Pesan Damai untuk Demo 4 November

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments