hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

3 November 2016, 05:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kalau kamu pengguna aktif instagram tentu gak asing lagi dengan gaya foto flat lay. Itu lho, foto yang diambil dengan objek yang ditata di atas permukaan datar. Teknik ini banyak digunakan untuk memotret baju, sepatu aksesoris, kosmetik hingga buku.

Meski sudah cukup lama menjadi tren di kalangan anak muda, jenis foto ini masih digemari sampai sekarang.

Memang susah susah gampang sih untuk membuat hasil Flat Lay Photography-mu sebaik  yang dibuat para selebriti atau selebgram, tapi tren foto satu ini menggugah banget untuk di coba.

Berikut tips-tips untuk menghasilkan Flat Lay Photography yang bisa bikin followers instagram kamu tercengang:

  1. Pemilihan warna
Instagram @loutrixic

Pilih 2-3 warna yang menjadi pemersatu komposisi foto. Warna putih pas banget untuk dijadikan backround atau latar karena natural dan bagus untuk pencahayaan. Atau kamu juga bisa menyesuaikan dengan objek yang akan ditampilkan, seperti aspal atau tanah sebagai latar belakang bila memang diperlukan.

  1. Pencahayaan
hespokestyle.com

Paparan cahaya tidak langsung atau pencahayaan yang lembut dan terkesan alami adalah yang terbaik, untuk bisa menghasilkan gambar yang tajam dengan warna yang bagus sebaiknya hindari sinat matahari langsung. Tapi kamu juga harus menghindari loaksi foto yang gelap atau kekurangan cahaya. Usahakan pencahayaan senatural mungkin, pencahayaan alami yang baik biasanya bisa di dapatkan pada pagi hari atau di saat cuaca mendung.

  1. Narasi
enlightapp.com

Narasi yang digambarkan dari benda yang anda pilih serta bagaimana anda menempatkannya sangatlah penting. Narasi singkat seperti “Sunday Morning” atau “trip to Yogyakarta”, intinya foto anda harus dapat menceritakan sesuatu dalam satu tema, bukan hanya sekedar memamerkan barang barang yang anda miliki.

  1. Susunan Objek
hespokestyle.com

Menyusun objek yang akan anda tampilkan mungkin menjadi salah satu bagian tersulit dalam menghasilkan Flat Photography. Tidak ada formula khusus untuk menghasilkan susunan yang baik, tetapi anda dapat mencoba membayangkan konsep susunan terlebih dahulu di pikiran anda lalu anda tuangkan dalam susunan objek. Usahakan jangan menggunakan terlalu banyak objek, simple is everything. Jangan takut juga untuk mencoba dan bereksperimen, banyak hasil flat foto yang bagus ternyata hasil jepretan tak terduga lho.

  1. Edit
hespokestyle.com

Tahap akhir dari pembuatan Flat Photography adalah mengedit foto anda. Bisa disesuaikan dengan kebutuhal misalkan menambahkan cahaya atau bahkan menurunkan tingkat cahaya. Anda juga bisa mencoba sesuatu yang ektrim misalnya mengganti warna objek atau mungkin merubah sedikit bentuk objek sehingga menghasilkan komposisi gambar yang baik dan juga unik.

  1. Practice makes perfect
hespokestyle.com

Terus berlatih adalah kuncinya, ngga ada kok yang langsung jadi pro dalam hal flat photography. 

Nah, sekarang kamu sudah tahu triknya kan? Yuk praktekkan!

 

HESPOKESTYLE.COM | ENLIGHTAPP.COM

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments