Edubox. (Iqwan Sabba)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

3 November 2016, 06:05 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Pemerintah Kota Bandung terus melakukan inovasi baru untuk mewujudkan Bandung Smart City. Salah satunya dengan meluncurkan program baru di sektor pendidikan yang diberi nama Edubox. Inovasi ini diluncurkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di SMP Negeri 1 Bandung, Selasa, 2 November 2016.

Ridwan Kamil dan siswa saat meluncurkan Edubox. (NET/Iqwan Sabba)

Sistem aplikasi berbasis Android tersebut mampu mengakomodasi segala aktivitas pendidikan. Mulai dari ujian berbasis online hingga administrasi siswa. Menggunakan jaringan GPS, sistem Edubox juga mampu mendeteksi para siswa yang bolos sekolah.

“Kalau disatu hari tidak ada buku lagi, tidak ada tipu-tipu foto copy, tidak ada beli buku. Bahan mengajarnya pun ditransfer menjadi e-book,” kata Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Edubox. (NET/Iqwan Sabba)

Bahkan alokasi anggaran pemerintah pun bisa dihemat Rp 30 miliar dengan adanya sistem digital di sekolah tersebut. Edubox mulai diterapkan di 25 sekolah percontohan di Kota Bandung. Berdasar hasil penelitian yang dilakukan Pemkot, hampir 90 persen siswa rata-rata memiliki smartphone.

Edubox. (NET/Iqwan Sabba)

Penggunaan smartphone untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah ini mendapat respon positif dari para siswa. Selain memudahkan, proses ujian juga jauh lebih praktis dibandingkan dengan ujian manual. Meskipun penerapan Edubox baru dilakukan pada 25 sekolah percontohan namun tidak menutup kemungkinan tahun depan sistem ini akan diterapkan di semua sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA di Bandung.

IQWAN SABBA

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments