EDITOR : REZA ADITYA

2 November 2016, 17:00 WIB

KAB. BANYUMAS, INDONESIA

Antusias pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017 ternyata tak hanya dirasakan warga ibu kota. Bahkan sampai ke sejumlah daerah di Indonesia. Di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah misalnya. Seorang peternak ikan membuat cara unik menyemarakan pelaksanaan gubernur DKI.

Adalah Munajat Ahmad, peternak asal Desa Singosari, Banyumas. Munajat berinisiatif membubuhkan nama-nama calon gubernur dan wakil gubernur pada tubuh ikan ternakannya. Alasan Munajat sederhana: menyerukan pesan damai dalam pelaksanaan pemilihan gubernur DKI.

Ikan yang dibubuhi nama calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat (NET/Bayu)

 

"Saya mengharapkan pilkada Jakarta damai. Memilih pemimpin yang berkualitas,  kredibel, dicintai rakyat," kata Munajat, Rabu, 2 November 2016. "Prosesnya harus benar-benar demokratis, jujur adil, transparan, akuntabel."

Sebanyak enam ikan miliknya dibubuhi nama-nama kandidat yang akan bertarung memberebutkan kursi DKI-1 dan 2. Keenam ikan itu diletakkan dalam satu aquarium bersama puluhan ikan lainnya. Filosofi yang terkandung di dalamnya adalah: meski dilabeli, ikan tetap bisa berbaur dengan sejenisnya secara damai.

 

"Jadi ini hanya ilustrasi saja, mohon maaf saya nulis nama-nama calon di ikan itu hanya sebagai pesan damai, kepada publik, kepada masyarakat Jakarta, agar damai dalam proses pilkada," kata dia. "Seperti ikan-ikan ini yang bisa hidup damai dan sejajar."

BAYU NUR SASONGKO (JAWA TENGAH)

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments