hero

EDITOR : REZA ADITYA

1 November 2016, 11:50 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Pemerintah Kota Bandung mulai hari ini, Selasa, 1 November 2016 memberlakukan larangan penggunaan sterofom (styrofoam). Namun, kebijakan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tersebut nampak belum efektif. Sejumlah pedagang di kota kembang masih juga bandel menggunakan sterofom.

Salah satu pedagang seblak di kawasan Kiara Condong, Sofiandika Nugraha, misalnya. Sofiandika mengaku sampai hari ini kemasan dagangannya masih menggunakan sterofom. Dia mengaku larangan penggunaan sterofom yang digagas Emil, sapaan Ridwan Kamil, kurang disosialisasikan.

Pedagang seblak yang masih menggunakan sterofom (Styrofoam)

 

Imbauan yang sebelumnya akan diterbitkan berupa surat edaran pun hingga saat ini menurut Sofiandika belum diedarkan kepada para pedagang. Untuk itu, dia sampai saat ini masih menjajakan seblaknya menggunakan sterofom.  "Karena murah dan  simple ya," kata Sofiandika, Selasa, 1 November 2016.

Namun Wali Kota Bandung Ridwan Kami masih optimistis imbauan larangan penggunaan sterfom akan efektif. "Nawaitu ini mendapat respons yang baik dan ada perubahan pola pikir," kata dia. "Saya kira tak hanya untuk kota Bandung tapi untuk seluruh Indonesia yang mengganti sterofom dengan karton licin."

Sampah sterofom di Bandung (NET/Iqwan Saba)

 

Ahli Tata Ruang dan Lingkungan dari Institut Teknologi Bandung, Deni Zulkaedi, menilai efektivitas kebijakan pengurangan penggunaan sterofom harus dilihat secara menyeluruh. Dia menyarankan pemerintah kota Bandung tak hanya menyasar pedagang kecil sebagai target larangan penggunaan sterofom.

"Membatasi penggunaan atau melarang itu bagus, sering kali pemerintah  memberikan batasan di hilir," kata dia.  

IQWAN SABA (BANDUNG)

BACA JUGA:
Ini 5 Fakta Sterofom yang Kamu Harus Tahu
Karena Sterofom Musuh Bersama

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments