hero
Putra Mahkota Thailand Vajiralongkorn Sayammakutratchakuman (Reuters)

EDITOR : REZA ADITYA

1 November 2016, 16:00 WIB

THAILAND

Putra Mahkota Thailand Vajiralongkorn Sayammakutratchakuman bersiap naik takhta menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej yang wafat pada 13 Oktober 2016 kemarin. Seorang pejabat militer Thailand mengatakan upacara kenaikan takhta Vajiralongkorn akan dilangsungkan pada 1 Desember 2016.

"Saat ini kami sedang melakukan persiapan," kata pejabat militer Thailand itu yang enggan namanya ditulis kepada Reuters, Selasa, 1 November 2016. "Semuanya sedang dipersiapkan untuk 1 Desember."

Sebelumnya Vajiralongkorn menolak langsung dinobatkan sebagai raja Thailand menggantikan ayahnya. Dia meminta diberi sedikit waktu untuk berkabung. Pemerintah negeri gajah itu kemudian menunjuk mantan perdana menteri Thailand Jenderal Prem Tinsulanonda sebagai raja sementara.

Putra Mahkota Thailand Vajiralongkorn (Reuters)

 

Sumber militer lain menyebut Vajiralongkorn kini sedang berada di Jerman untuk urusan pribadi. Menurut sumber militer itu, Vajiralongkorn sudah siap memimpin negaranya menggantikan ayahnya. Diperkirakan Vajiralongkorn akan kembali ke negaranya pada pertengahan November.

Vajiralongkorn adalah satu-satunya putra Raja Bhumibol dan Ratu Sirikit. Dia kini berusia 64 tahun dan menjadi pewaris takhta ayahnya sejak 1972 ketika berusia 20 tahun. Kehidupannya dikenal penuh kontroversial.

Media setempat memberikan julukan kepadanya sebagai pangeran playboy setelah tiga kali menikah dan semuanya gagal. Kehidupan Vajiralongkorn juga terkenal hedon. Ayah tujuh anak itu dikenal suka pesta-pesta.

CENDY BRENDA | REUTERS

BACA JUGA:
Ini Calon Raja Thailand yang Eksentrik
Raja Thailand Wafat
Sepinya Tempat Hiburan di Thailand Setelah Raja Wafat

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments