EDITOR : DASNITA M. SINAGA

1 November 2016, 21:00 WIB

TURKI

Ada yang menarik nih dari negara Turki. Tahun lalu, pemerintah Kota Murat-Pasa, Antalya, memanfaatkan armada bus bekas untuk dijadikan bus bermain anak. 

Agar menarik, desain bagian dalam bus juga diubah dengan dekorasi khas dunia anak. Berbagai prasarana juga tersedia, seperti mainan juga beragam buku. Semuanya gratis!

Bus Bermain parkir di pasar tradisional Antalya/ CJ Elisa Oktaviana

Asyiknya lagi, dua orang guru disiapkan untuk membantu dan membimbing anak-anak yang bermain di dalam bus ini. Setiap hari, bus dikunjungi 30 hingga 35 anak. Rata-rata usia tiga sampai enam tahun. Mereka dilibatkan dalam berbagai kegiatan yang mengasah kemampuan motorik, kognitif dan sosial.

"Untuk batita, kami latih membaca dan menulis. Selain aktivitas perorangan, ada pula aktivitas kelompok, berdasarkan usia.", jelas Serap Ulhan, guru bus bermain ramah anak. 

Guru mendampingi anak bermain/ CJ Elisa Oktaviana

Bus bermain ramah anak ini, kini sudah tersedia di enam pasar tradisional. Orangtua yang akan berbelanja bisa menitipkan buah hati di sini, maksimal dua jam. Sehingga mereka bisa berbelanja dengan nyaman. Syaratnya mudah, cukup menyerahkan kartu tanda pengenal dan mengisi data. 

Bus bermain mulai beroperasi satu tahun lalu. Fasilitas ini mendapat respon positif dari warga, terutama kaum ibu yang memiliki balita.  Salah satunya Ummuhen kalin, "Kalau ke pasar, kami suka kesulitan berbelanja sambil membawa anak. Beruntung ada fasilitas ini. Anakpun betah bermain di sini. ", jelasnya

Caption

Bus beroperasi 6 hari dalam seminggu, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Rencananya pemerintah Murat-Pasa menambah dua armada lagi, agar bisa menjangkau seluruh pasar tradisional.

Semoga dalam waktu dekat ini Indonesia juga bisa punya bus bermain ramah anak seperti ini ya!

NET CITIZEN JOURNALIST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments