Es Krim Sayuran. (NET/Soni Misdananto)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 November 2016, 07:05 WIB

KOTA SURABAYA, INDONESIA

Es krim menjadi salah satu makanan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan terutama anak-anak. Sayangnya, susu dan coklat yang kerap dijadikan bahan utamanya dianggap kurang bagus untuk kesehatan. Di tanggan Nur Annisa, seorang mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur es krim dibuat dengan campuran sayuran. Peluang itu kemudian dijadikan sebagai peluang bisnis kuliner yang menjanjikan.

Nur Annisa, penemu resep es krim sayuran. (NET/Soni Misdananto)

Bakat berbisnis remaja yang akrab disapa Icha ini muncul sejak berada di bangku SMA tahun 2011 lalu. Sebagai modal awal, Icha mengumpulkan uang jajannya untuk membeli berbagai bahan es krim. Ia kemudian berinovasi membuat es krim sayuran. Pemilihan sayuran sebagai bahan baku utamanya karena makanan tersebut kaya serat serta baik untuk anak-anak.

Es krim sayuran. (NET/Soni Misdananto)

“Ide awalnya melihat ponakan saya susah sekali makan sayur. Terus saya berfikir bagaimana membuat anak ini suka makan sayur. Inovasinya membuat makanan yang tidak disukai menjadi disukai anak-anak, misalnya es krim,” kata Nur Annisa.

Siapa sangka, es krim buatan Icha banyak diminati oleh banyak orang. Dari bisnisnya ini ia bahkan sudah tidak lagi menggantungkan biaya kuliah kepada kedua orang tuanya. Namun, dalam perjalanan usahanya, ia sempat mengalami 17 kali kegagalan. Penyebabnya mencari rasa serta formula untuk mencampur semua bahan hingga terbentuk es krim ternyata sangat susah. Hingga ia berhasil membuat lima varian rasa mulai dari blueberry dari kol ungu, alpukat, pokcay, tomat serta wortel.

Es krim sayuran. (NET/Soni Misdananto)

Untuk membuat es krim ini terbilang sangat mudah. Beberapa sayuran yang sudah dipilih kemudian dipotong. Kemudian diris kecil-kecil dan dihaluskan dengan menggunakan blender. Untuk menambah rasa, Icha menambahkan susu kedelai dan beberapa bahan makanan seperti jagung dan buah agar terlihat cantik dalam tampilannya.

Es krim sayuran. (NET/Soni Misdananto)

Untuk saat ini, penjualan es krim ini masih dipasarkan di sekitar Surabaya saja. Omzet usahanya telah mencapai Rp 10 juta per bulan. Es krim sayurannya dijual dengan harga antara Rp 30 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung pesanan pembeli. Selain es krim, saat ini ia juga mengembangka usaha kue ulang tahun dengan berbagai varian rasa.

SONI MISDANANTO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments