hero
Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

31 Oktober 2016, 00:05 WIB

INDONESIA

Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar, tak lama lagi bebas bersyarat dari masa hukumannya. Terpidana kasus pembunuhan petinggi PT Putra Rajawali Banjaran, Nasrudin Zulkarnaen, itu dalam hitungan hari akan menghirup udara bebas setelah enam tahun dibui di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1A Tangerang.

"Pada tanggal 10 November 2016 nanti, Antasari dinyatakan bebas bersyarat," kata juru bicara Direktorat Jenderal Lembaga Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Akbar Hadi kepada NET.Z, Ahad, 30 Oktober 2016.

Antasari divonis 18 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Februari 2010 dalam kasus pembunuhan Nasrudin Zulkarnaen di tahun 2009. Antasari sempat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Tapi Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memperkuat hukuman yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Antasari akhirnya menempuh upaya hukum luar biasa melalui grasi kepada Presiden Jokowi pada 2015. Pengajuan grasi Antasari ditolak Presiden Joko Widodo.

Antasari saat sedang menjalani proses asimiliasi (NET)

 

Musababnya, tdak memenuhi syarat formal sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2010 tentang Grasi. Dalam undang-undang itu disebut bahwa maksimal pengajuan grasi hanya satu tahun setelah keputusan pengadilan berkekuatan hukum tetap. Sudah lebih dari empat tahun sejak 2010 putusan pengadilan Antasari baru mengajukan grasi.

Antasari kemudian menempuh cara lain, yaitu meminta bebas bersyarat dari Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. Akbar mengatakan  Antasari bisa diberikan bebas beryasarat lantaran sudah menjalani dua pertiga masa hukumannya. Namun, sebelum diberikan  bebas bersyarat, Antasari harus menjalani proses asimilasi sejak Agustus tahun lalu.

Proses asimilasi yang dilakukannya adalah bekerja di kantor notaris dengan gaji Rp 3 juta perbulan. Dalam proses asimilasi itu, Akbar menilai Antasari layak diberikan bebas bersyarat. "Jadi semua syarat sudah dipenuhi tinggal menanti tanggal bebasnya," kata dia.

Kuasa hukum Antasari, Boyamin Saimin, menyambut baik kliennya yang sebentar lagi akan bebas. "Karena memang sudah seharusnya bebas sejak lama," kata Boyamin. 

TIM LIPUTAN

10

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments