hero
Jokowi dan Prabowo berkuda di Hambalang. (Biro Pers)

EDITOR : TITO SIANIPAR

31 Oktober 2016, 17:55 WIB

INDONESIA

Rencana demonstrasi besar-besaran beberapa organisasi Islam 4 November 2016 mendatang, menyita perhatian pemerintah. Pasukan Brimob Kepolisian dikerahkan ke Jakarta. Bahkan Presiden Joko Widodo merasa perlu menyambangi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kedatangan ke kediaman Prabowo di Hambalang, kata Jokowi, adalah untuk memenuhi janji yang pernah disampaikan. "Saya dulu pernah berjanji untuk bertemu Pak Prabowo," kata Jokowi dari atas kuda tunggangannya, di Hambalang, Senin, 31 Oktober 2106.

Banyak pihak menduga kedatangan Jokowi sebenarnya terkait rencana demo 4 November nanti. Demo itu berencana mendesak kepolisian untuk segera menangkap atau memproses Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Ahok dilaporkan karena diduga menghina Islam dan Al Quran terkait penafsirannya terhadap Surat Al Maidah ayat 51. Pernyataan di hadapan warga Kepulauan Seribu itu mendapat reaksi luas.

Ahok diperiksa di Bareskrim. (NET)

Beberapa organisasi Islam yang akan demo menyerukan agar membanjiri Jakarta. Mereka berkehendak agar Ahok ditangkap. Bahkan beberapa informasi yang menyebar menyebutkan bahwa demo juga akan menyasar Istana Negara dan Jokowi.

Terkait situasi itulah Jokowi merasa perlu datang bertamu ke pemimpin oposisi Prabowo Subianto. Mereka menggelar pertemuan tertutup selama kurang lebih dua jam di lantai dua rumah Prabowo.

Hidangan nasi goreng dihidangkan sohibul bait sebagai santapan makan siang. Suasana pertemuan berlangsung dengan cair dan terbuka. Kedua tokoh yang pernah bersaing di pemilihan presiden 2014 ini terlibat pembicaraan penting.

BACA JUGA:
Ini yang Dibicarakan Jokowi dan Prabowo
Ini Pesan Jokowi dan Prabowo Setelah Ketemu

Seusai pertemuan, keduanya juga kompak. Sama-sama mengendarai kuda, lengkap dengan topi koboinya, menghampiri awak media yang sudah menunggu. Jokowi menunggang kuda putih, dan Prabowo kuda coklat tua.

Tak berlangsung lama, keduanya kemudian memutuskan turun dari kuda untuk menyampaikan keterangan. Kudanya terganggu, "Karena blitz (kilatan cahaya) lampu kamera," kata Prabowo.

Kepada wartawan, Prabowo menyampaikan bahwa ia dan Jokowi punya kesamaan pandangan soal kebangsaan, Pancasila, kemajemukan, dan juga tujuan negara. "Sebagai anak bangsa, kami selalu ingin yang terbaik," ujarnya.

Prabowo ketika mengumumkan pasangan Anies dan Sandiaga. (NET)

Bahkan Prabowo sempat berseloroh soal momen Jokowi naik kuda. "Beliau ternyata punya bakat naik kuda. Kelebihannya karena badannya ringan. Kuda suka yang badannya ringan-ringan," kata Prabowo disambut tawa hadirin.

Jokowi mengapresiasi Prabowo yang punya sikap kebangsaan. Bahkan ia mengingatkan rivalitas keduanya pada pemilihan presiden 2014 lalu. "Setelah itu sama-sama bahu membahu membangun bangsa," kata Jokowi.

Sejatinya Jokowi dan Prabowo pernah bertemu pasca pilpres pada 29 Januari 2015 lalu di Istana Bogor. Ketika itu friksi antar dua koalisi partai sedang memuncak terkait konflik antar KPK dan kepolisian.

Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang diajukan sebagai calon tunggal Kepala Polri ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK terkait kepemilikan rekening gendut pada 13 Januari 2015. Situasi politik kala itu cukup panas karena DPR mendukung Budi sebagai calon Kapolri dan diputus dalam rapat paripurna pada 15 Januari 2015.

Prabowo dan Jokowi, Januari 2015. (NET)

Belakangan pada 23 Januari 2015, polisi menangkap Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto karena dituding memerintahkan kesaksian palsu di Mahakamah Konstitusi. Wakil Ketua KPK lainnya, Zulkarnaen turut dilaporkan untuk kasus lain tiga hari kemudian.

Situasi Januari 2015 hampir sama dengan Oktober 2016. Kondisi politik memanas terkait kasus yang menimpa orang-orang sekitar Jokowi. Dan kembali, Jokowi melakukan jurus yang sama: berkomunikasi dengan lawan politiknya.

"Saya hubungannya baik sama beliau. Beliau baik sama saya. Komunikasinya baik. Itu bagus dalam budaya bangsa," puji Prabowo.

TIM LIPUTAN NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments