hero
Jokowi dan Prabowo, awal tahun 2016. (NET)

EDITOR : TITO SIANIPAR

31 Oktober 2016, 11:18 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Presiden Joko Widodo akan menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Situasi nasional jelang demonstrasi 4 November 2016 akan dibahas.

Demonstrasi yang akan digelar mendapat perhatian khusus pemerintah, terutama aparat keamanan. Di beberapa sudut Jakarta dan media sosial tersebar ajakan untuk mengadakan aksi massa yang bernada rasial.

Demo itu terkait ucapan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dinilai sebagian orang menghina Islam dan Al Quran. Akibatnya Ahok dilaporkan ke polisi. Para pendemo hendak mendesak proses hukum Ahok berjalan.

Menyikapi itu, Kepolisian RI menetapkan siaga I untuk seluruh wilayah Indonesia. Tak sampai di situ, pasukan Brigade Mobil dari berbagai daerah dimobilisasi menambah kekuatan pengamanan Jakarta.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (NET)

Tentara Nasional Indonesia idem ditto. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menegaskan fungsi menjaga kebhinekaan Indonesia. Ia mengingatkan Indonesia adalah negara hukum berasaskan Pancasila.

Pertemuan Jokowi dan Prabowo dipercaya salah satunya membicarakan isu demonstrasi yang akan dihadiri ratusan ribu orang itu. Pasalnya berembus kabar, demo itu juga hendak menggoyang pemerintahan Jokowi.

Meski begitu, Jokowi tetap tidak melarang demonstrasi tadi. "Demonstrasi adalah hak demokratis warga," kata Jokowi di Istana Negara, Senin, 31 Oktober 2016.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (NET)

Meski menjamin hak menyampaikan pendapat, Jokowi mengingatkan pendemo untuk tidak memaksakan kehendak dan merusak. Termasuk juga mengutamakan ketertiban umum.

"Aparat keamanans udah saya minta bersiaga dan melakukan tugas secara profesional jika ada tindakan anarkis oleh siapapun," pungkas Jokowi.

TIM LIPUTAN NET

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments