EDITOR : REZA ADITYA

30 Oktober 2016, 14:00 WIB

KOTA SEMARANG, INDONESIA

Sejumlah warga Semarang dihebohkan dengan penampakan makhluk halus di Car Free Day, Ahad, 30 Oktober 2016 pagi. Sejumlah hantu lokal semacam kuntilanak, pocong dan lainnya gentayangan di Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Sontak warga yang sedang melakukan aktivitas terkejut.

Tapi jangan khawatir. Ternyata hantu-hantu yang gentayangan itu merupakan ide dari sekumpulan pemuda Yayasan Sosial Lindu Aji Kota Semarang dalam merayakan halloween. Ketua Panitia Lindu Aji, Ponco Agung Samudro, mengatakan perayaan halloween kali ini sengaja lebih menekankan karakter hantu lokal.

 

Aksi pemuda Lindu Aji merayakan halloween (NET/Yusuf Hanggara)

 

"Bukan tokoh setan (hantu) yang kebarat-baratan, kita kemas halloween tokoh hantunya khas Indonesia," ujar Ponco. "Semuanya lokal dan banyak orang yang salah tafsir tentang halloween."

Ponco mengatakan perayaan halloween memang bukan berasal dari Indonesia. Halloween biasa dirayakan oleh warga Amerika Serikat pada 31 Oktober. Lahirnya perayaan halloween berasal dari Festival Samhain yang dirayakan orang Kelt zaman kuno sebagai perayaan akhir musim panen dalam kebudayaan Gael. 

Berbagai hantu lokal gegerkan warga kota Semarang (NET/Yusuf Hanggara)

 

Bangsa Gael percaya bahwa tanggal 31 Oktober pembatas dunia orang mati dengan orang hidup menjadi terbuka. Namun, di seluruh dunia mulai ikut-ikutan merayakan halloween, termasuk di Indonesia. Untuk memberikan warna kearifan lokal, Ponco dan sejumlah rekan-rekannya pun menampilkan jenis hantu domestik: pocong, kuntilanak.

Perayaan halloween yang dilakukan pemuda Lindu Aji dibarengi dengan penggalangan dana. Seluruh dana yang didapat akan diberikan kepada warga tidak mampu. Jadi, bukan sekadar ikut-ikutan merayakan halloween, pemuda Lindu Aji juga memberikan  manfaat dari momen tersebut.

YUSUF HANGGARA (SEMARANG)

BACA JUGA:

Kata Siapa Hijaber Nggak Bisa Pakai Kostum Halloween?
Kostum Seleb Ini Bisa Kamu Tiru Buat Halloween Party
3 Film Terhoror Untuk Menemani Halloween-mu
Bikin Kostum Halloween Pake Drone

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments